Pendaftaran CPNS akan Dibuka Maret 2016, Ini Rincian Formasinya

image

Serambimata.com – Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan kembali dilakukan pada tahun 2016. Registrasi secara online tepatnya akan dimulai pada bulan Maret 2016. Hal itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaiaan Nasional (BKN), Bima Haria Wibisana seusai melakukan rapat koordinasi pengarahan kepada Sekretaris Daerah Se- Provinsi Lampung dan Kepala SKPD di Ruang Sungkai, Balai Keratun, Kompleks Kantor Gubernur Lampung Senin (9/11/2015).

Pria yang akrab disapa Bima ini mengatakan proses rekrutmen CPNS direncanakan mulai Maret 2016. Proses ini lebih awal dibanding dengan proses tahun-tahun sebelumnya yang biasanya dilaksanakan sekitar pertengahan tahun.

“Tahapannya kemungkinan mulai Maret 2016, Maret mulai penerimaan. Tapi untuk tesnya diperkirakan Juli-Agustus 2016,” ungkapnya.

Waktu rekrutmen pun lebih dimajukan dari Jadwal agar PNS baru bisa mendapatkan nomor induk pegawai (NIP) di tahun yang sama, karena selama ini PNS baru bisa mendapatkan NIP setiap awal Januari. “Kalau proses rekrutmennya lebih cepat, otomatis pemberkasan NIP juga lebih cepat,” imbuhnya.

Bima juga mengatakan, pemerintah mengalokasikan CPNS baru tidak lebih dari 100 ribu orang agar tidak membebani fiskal negara. Menurut dia, sasaran pemerintah hanya ingin menunjukkan ke masyarakat tetap ada rekrutmen CPNS meskipun jumlahnya sedikit.

Formasi CPNS yang akan Direkrut.

Tahun 2016 ada sekitar 120 ribu PNS yang akan pensiun. Akan tetapi, tidak berarti seluruhnya akan direkrut sesuai jumlah PNS yang pensiun. Prinsipnya adalah zero growth, artinya, PNS yang ada tidak boleh ditambah, malah dikurangi agar beban belanja pegawai di APBN dapat berkurang signifikan. Oleh karena itu, meskipun jumlah pensiunan di atas 100 ribu, yang diisi dengan rekrutmen CPNS baru maksimal 100 ribu, demikian disampaikan Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program dan Pembinaan SDM KemenPAN-RB Bambang Dayanto Sumarsono‎.

Sedangkan formasi tahun depan, yang direkrut adalah tenaga di bidang pendidikan, kesehatan, dan penegak hukum. Tenaga kesehatan terdiri dari bidan PTT, dokter PTT, perawat, tenaga kesehatan lainnya. Kuota yang disiapkan sekitar 42 ribu. Untuk tenaga kesehatan bidan PTT dan dokter PTT, Kemenkes harus berkoordinasi dengan Pemda. Sebab, pemdalah yang mengetahui keberadaan mereka meskipun tenaga PTT ini mengantongi SK Menkes.‎

Formasi tenaga pendidik diprioritaskan untuk guru 3T (terluar, terdepan, tertinggal) jumlahnya sekitar 3000-an. Formasi tenaga penegak hukum sekitar 1000-an sesuai usulan dari Mahkamah Agung (MA). Guru 3T akan diprioritaskan, berapapun yang diajukan Kemdikbud untuk 3T akan diberikan karena ini mendukung program presiden.

Selain tiga formasi tersebut, pemerintah juga mengalokasikan untuk lulusan sekolah ikatan dinas sekitar 5000-an. Sekolah ikatan dinas ini antara lain Sekolah Tinggi Sandi Negara milik Lemsaneg, Sekolah Tinggi Intelegen (BIN), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (BPS), serta sekolah untuk penjaga sipir/lapas dan imigrasi (Kementerian Hukum dan HAM).‎ Selain itu, ada juga sekolah D2 dan D3 Perpajakan milik Kementerian Keuangan, sekolah pengamat gunung berapi (BMKG), dan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) (Kemendagri).

Untuk formasi selain yang telah disebutkan diatas akan diambil dari‎ pelamar umum, seperti lulusan cumlaude. Mereka ini direkrut lewat jalur kukhus. Selain itu ada juga formasi untuk berkebutuhan khusus. Formasi lainnya untuk tenaga teknis lainnya yang sangat dibutuhkan. Sedangkan tenaga administrasi tidak dibuka karena merupakan jabatan fungsional yang terlalu umum.

Dikutip dari berbagai sumber.

Posted on 11 November 2015, in Ekonomi, Pendidikan and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: