Anda Terbiasa Tidur dengan Kipas Angin, Berhentilah! Ini Bahayanya

image

Serambimata.com – Kipas angin adalah salah satu cara alternatif untuk menggerakkan angin menjadi lebih dinamis sehingga udara tidak terlalu panas. Dahulu orang menggunakan kipas angin buatan dari bahan sederhana, tapi sekarang kipas angin telah menjelma menjadi benda modern yang dapat bekerja terus menerus sepanjang malam.

Beberapa orang menggunakan kipas dengan angin yang mengarah langsung pada tubuh saat tidur, cara ini memang menyenangkan dan membuat tidur lebih lelap, tetapi angin yang terus menerus menerpa tubuh sepanjang malam juga berbahaya bagi kesehatan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Dikutip dari gudanginfo.net, Serambimata kali ini  akan membahas mengapa kita tidak boleh menggunakan kipas angin yang langsung mengarah pada tubuh, berikut ini penjelasannya.

1. Tubuh kekurangan oksigen

Bahaya yang paling serius dari menggunakan kipas angin saat tidur adalah tubuh jadi kekurangan oksigen. Hal ini terutama jika arah kipas angin langsung ditujukan ke wajah pada ruangan yang tidak memiliki fentilasi.

2. Suhu tubuh menurun drastis

Tidur dengan kipas angin akan menurunkan suhu tubuh secara drastis. Jika perubahan ini terjadi secara mendadak maka tekanan darag dan sistem pernafasan akan terganggu. Dan akibat paling fatalnya adalah fungsi jantung dan paru-paru tidak berfungsi optimal.

3. Mengalami hipotermia dan dehidrasi

Seorang ahli syaraf, Dr. Wendra Ali, mengatakan saat seseorang berada dalam ruangan dingin dalam waktu yang lama maka tubuh akan mengalami kekeringan akibat udara dingin akan menyerap air dalam tubuh. Jika terjadi terus menerus sepanjang malam maka kelembaban tubuh akan menurun sampai akhirnya terjadi hipotermia.

4. Penyakit Bell Palsy

Penyakit ini disebut juga kelumpuhan, tapi bukan pada tubuh melainkan pada wajah. Orang yang sering tidur malam dengan kipas angin memiliki risiko peningkatan ketegangan pada sistem syaraf disebabkan suhu dingin yang menerpa wajah terus menerus sepanjang malam, akibatnya wajah jadi tegang, sulit senyum atau berekspresi

5. Menyebabkan kematian

Kematian mendadak dapat dialami oleh mereka yang menggunakan kipas angin sepanjang malam saat tidur, terutama pada ruangan yang tidak memiliki fentilasi untuk keluar masuknya udara. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan kadar CO2 dan penurunan O2 dalam ruangan.

Demikian beberapa bahaya tidur menggunakan kipas angin. Sebaiknya jangan mengarahkan kipas secara langsung ke tubuh dan jangan tidur dalam ruangan yang jelek sistem fentilasinya.

Semoga bermanfaat.

Sumber Gudanginfo.net

Posted on 12 November 2015, in Kesehatan and tagged , . Bookmark the permalink. 11 Komentar.

  1. sangat bermanfaat broo, pernah kejadian sama salah satu keluarga saya

    Suka

  2. Seorang ahli syaraf, Dr. Wendra Ali, mengatakan saat seseorang berada dalam ruangan dingin dalam waktu yang lama maka tubuh akan mengalami kekeringan akibat udara dingin akan menyerap air dalam tubuh. Jika terjadi terus menerus sepanjang malam maka kelembaban tubuh akan menurun sampai akhirnya terjadi hipotermia

    apa bedanya apabila menggunakan AC , malah AC bisa membuat suhu ruangan lbh rendah daripada kipas anginšŸ˜¦

    Suka

  3. saat seseorang berada dalam ruangan dingin dalam waktu yang lama maka tubuh akan mengalami kekeringan akibat udara dingin akan menyerap air dalam tubuh. Jika terjadi terus menerus sepanjang malam maka kelembaban tubuh akan menurun sampai akhirnya terjadi hipotermia
    Apa bedanya kalau menggunakan AC ? bukankah AC malah menciptakan suhu lhb rendah daripada yg kipasangin lakukan ?

    Suka

  4. Makasih infonya, tapi sekarang kan udah ada kipas angin yang pakai timer. Jadi bisa dibatasi waktu hidup kipasnya agar tidak hidup sampai pagi.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: