Jangan Terlalu Sering Makan Gorengan! Ini Bahayanya

image

Serambimata.com – Makananan yang satu ini bisa dijumpahi di mana-nana, bahkan hampir semua orang menyukainya. Makanan itu adalah gorengan atau makanan yang digoreng. Banyak yang menyukainya karena gorengan memang enak dan menggoda selera. Namun, apakah yang enak tersebut sehat untuk tubuh? Apa kata dr. Karin Wiradarma, Anggota Redaksi Medis
Kedokteran Umum KlikDokter.com tentang bahaya mengkonsumsinya?

Pada umumnya, lebih banyak orang yang akan memilih makanan yang digoreng daripada makanan yang dibakar, ditumis, atau direbus. Bau dan rasanya memang lebih nikmat dan menggoda lidah. Apalagi kudapan gorengan.

Namun sayangnya, telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa terlalu banyak mengonsumsi gorengan dapat menimbulkan berbagai akibat yang negatif terhadap kesehatan. Apa saja dampaknya?

Gorengan = Meningkatkan Risiko Kegemukan

Makanan yang digoreng cenderung mengandung tinggi kalori, karena 1 gram lemak setara dengan 9 kalori. Angka ini dua kali lipat lebih tinggi daripada 1 gram protein atau karbohidrat yang “hanya” mengandung 4 kalori. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi gorengan lebih dari empat kali per minggu berisiko meningkatkan risiko kegemukan.

Gorengan = Meningkatkan Risiko Stroke

Risiko stroke akan meningkat sebanyak 41% jika Anda mengonsumsi makanan yang digoreng setidaknya enam kali per minggu. Makanan yang digoreng mengandung tinggi lemak jenuh, seperti mentega, minyak kelapa sawit, daging merah, dan keju yang berpotensi menjadi plak kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh darah.

Gorengan = Meningkatkan Risiko Diabetes

Menurut studi yang dipublikasikan pada tahun 2011, mengonsumsi makanan gorengan minimal satu kali seminggu secara rutin dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Gorengan = Meningkatkan Risiko Kanker

Sebuah studi telah menemukan bahwa orang yang mengonsumsi gorengan setidaknya sekali seminggu memiliki risiko yang lebih tinggi terkena kanker prostat.

Gorengan = Meningkatkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan yang digoreng sebanyak minimal satu kali seminggu dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, dan risiko akan meningkat seiring dengan bertambah seringnya konsumsi jenis makanan tersebut.
Penyakit Kardiovaskular atau cardiovascular disease (CVD) adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

Sumber KlikDokter.com

Posted on 28 November 2015, in Kesehatan and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: