Makan Malah tidak Menyehatkan Gara-gara Lakukan 4 Hal Berikut

image

Serambimata.com – Ada banyak kesalahan yang sering kita lakukan pada saat, sebelum atau sesudah makan. Sehingga makan yang seharusnya menyehatkan, justru berdampak sebalik, tubuh jadi tidak sehat gara-gara makan. Lho kok bisa…?

Tidak salah memang kalau anda berfikir untuk menyehatkan tubuh pasti dengan mengonsumsi vitamin dan mineral secara teratur. Akan tetapi, ada hal lain yang tak kalah penting agar tubuh jadi sehat.

Terlihat sepele, namun memiliki pengaruh cukup besar bagi tubuh. Saat Anda makan, terkadang melakukan kebiasaan buruk seperti makan dengan cepat atau makan dalam posisi berdiri. Ini dianggap hal yang dapat mengganggu sistem pencernaan dan berdampak buruk bagi tubuh Anda.

Dilansir dalam laman Our Vanity Rabu (16/12) berikut adalah kebiasaan buruk saat makan yang harus dihentikan.

1. Makan dengan cepat

Makan dengan cepat atau tidak mengunyah makanan dengan baik, merupakan kebiasaan makan buruk pertama yang harus Anda hindari. Pasalnya, tidak mengunyah makanan secara perlahan membuat sistem pencernaan bekerja lebih berat, ini akan berdampak langsung pada infeksi usus dan saluran pencernaan.

2. Makan sambil melakukan pekerjaan

Jangan makan sambil melakukan aktivitas lain seperti mengetik, berbelanja, berjalan, menyetir, memegang gadget atau menonton televisi. Percaya atau tidak, jika melakukan hal itu, Anda cenderung lebih berkonsentrasi mengerjakan pekerjaan tersebut ketimbang makan. Alhasil, Anda akan makan terlalu banyak sehingga menyebabkan obesitas.

3. Jangan menunggu mood

Stress atau bad mood membuat Anda berfikir melampiaskannya dengan makanan. Ini salah, lampiaskan kekesalan dan kemarahan Anda dengan melakukan aktivitas lain seperti berolahraga, berbelanja atau jalan santai di sore hari seraya menikmati angin segar.

4. Jangan tidur setelah makan

Ada hal penting yang harus diperhatikan, menurut pakar kesehatan, jarak antara waktu makan dengan tidur adalah tiga jam. Bila Anda tidak melakukan hal ini. akan mengurangi panjangnya durasi dan kualitas tidur. Selain itu, sistem pencernaan juga tidak memiliki cukup waktu untuk mencerna makanan tersebut.

Berarti, sekalipun yang dimakan menyehatkan. Tapi bisa bikin tidak sehat seperti kegemukan atau obesitas, kolestorel dan penyakit lainnya, gara-gara kesalahan-kesalahan yang anda lakukan saat makan. Maka berhati-hatilah! Jaga pola makan dan pola hidup anda.

Posted on 17 Desember 2015, in Kesehatan and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: