Setelah Sarjana Abal-abal, Kini Terungkap Skripsi Abal-abal Bertarif 2,2 – 3,5 Juta

image

Serambimata.com – Wajah Dunia pendidikan tanah air seakan tiada henti dirundung masalah. Setelah beberapa lalu heboh oleh terungkapnya sarjana abal-abal, kini dunia pendidikan kita kembali tercoreng dengan terungkapnya bisnis skripsi abal-abal bertarif jutaan rupiah.

Dunia pendidikan kota Malang seperti ditampar oleh terungkapnya skripsi abal-abal. Di kota yang terkenal dengan kota pendidikan internasional tersebut, para penjual jasa pembuatan skripsi bebas berkeliaran ”menjajakan diri”. Mulai lewat pamflet hingga memanfaatkan website di internet.  Bahkan, ada penjual jasa yang menggunakan manajemen layaknya perusahaan. Tarif skripsi abal-abal itu berkisar Rp 2,2 juta untuk ilmu sosial dan Rp 3,5 juta untuk sains.

Dilansir dari Jawa Pos Radar Malang (JPNN Group), ketika salah satu wartawan harian tersebut mencoba menghubungi nomor telepon penjual jasa tersebut. Saat dihubungi, suara parau seorang pria terdengar di balik telepon. Ketika wartawan koran ini bertanya ingin membuat skripsi, dia menjawab.

”Sudah isi formulir?” tanya dia. ”Kalau belum mengisi, formulir saya kirim lewat SMS,” tambahnya, lantas menutup telepon.

Beberapa menit kemudian, SMS yang dijanjikan masuk ke ponsel wartawan koran ini. Yang tercantum dalam SMS tersebut adalah perintah untuk mengisi nama, jurusan, kampus, dan nomor telepon.

Setelah dijawab, koran ini pun mendapat nomor ponsel rekan pria tadi. Dari sang rekan -sebut saja namanya Andika-itulah, akhirnya koran ini mengetahui salah satu ”perusahaan” jasa pembuatan skripsi di Kota Malang.
Setelah koran ini mengirimkan SMS, Andika membalas dan meminta agar formulir kembali dikirim ke alamat e-mail-nya. Dalam SMS, dijelaskan pula bahwa konsultasi pembuatan skripsi bisa dilakukan langsung di rumahnya, Perumahan Griya Asri, Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing.

Saat didatangi, rumah dua lantai itu nyaris tidak berbeda dengan rumah-rumah lain di sekitarnya. Tidak ada papan nama atau tanda bahwa pemilik rumah tersebut menerima jasa pembuatan skripsi.

Wartawan koran ini ditemui seorang pria berbadan tinggi -sebut saja Fathur. Dia langsung menyapa. ”Mau membuat skripsi, ya? Sudah pernah ke sini atau belum?” kata Fathur.

Ternyata adalah seorang karyawan. Dia mengetahui persis seluk beluk proses membuat skripsi di tempat tersebut. Menurut dia, harga pembuatan satu skripsi ilmu sosial Rp 2,2 juta sampai selesai.

Untuk skripsi sains dan ilmu kedokteran, tarifnya Rp 3,5 juta. ”Karena Anda (kuliah ilmu) psikologi, berarti sosial. Anda tidak perlu melakukan apa-apa. Murah, kan (tarifnya),” katanya. ”Mulai bab I hingga bab V, kami yang mengerjakan,” tambahnya.

Bagaimana dengan daerah anda?.

Sumber JPNN

Posted on 19 Desember 2015, in Pendidikan and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: