Nasihat Rasulullah Agar Liburan tak Sia-sia tapi Berlimpah Berkah

image

Serambimata.com – Liburan panjang telah tiba. Liburan semester bagi siswa yang bersamaan dengan tiga hari raya besar, Maulid, Natal dan Tahun Baru membuat liburan tahun ini banyak ditunggu oleh masyarakat Indonesia. Berbagai rencanapun telah disusun jauh hari sebelumnya menghadapi liburan tersebut.

Liburan dirasa perlu karena selain untuk meregangkan otot dan menetralkan pikiran dari rutinitas sehari hari, liburan juga dapat membuat kita semakin fokus dan termotivasi menjali kehidupan.

Namun sebelum anda bersenang senang menikmati liburan, ada baiknya ikuti 5 anjuran Rasulullah SAW berikut ini agar liburan menjadi berkah bagi fisik dan bantin.

1. Berdoa Sebelum Berangkat

Jangan lupa berdo’alah sebelum berangkat. Jika sudah berada di atas kendaraan saat hendak berangkat liburan, hendaklah mengucapkan “Allahu akbar sebanyak tiga kali, lau Setelah itu membaca;

ُسُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنْ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِي الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ 
مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالأََهْلِ

“Subhanalladzi sakh-khoro lanaa hadza wa maa kunna lahu muqrinin. Wa inna ila robbina lamun-qolibuun. Allahumma innaa nas’aluka fii safarinaa hadza al birro wat taqwa wa minal ‘amali ma tardho. Allahumma hawwin ‘alainaa safaronaa hadza, wathwi ‘anna bu’dahu. Allahumma antash shoohibu fis safar, wal kholiifatu fil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.” (HR. Muslim)

Artinya : Mahasuci (Allah) Dzat Yang telah menundukkan kendaraan ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu mengusasinya, dan sesungguhnya kepada Tuhan kami tempat kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan dan ketakwaan dan amal yang Engkau ridhoi pada perjalanan kami ini. Ya Allah, ringankanlah perjalanan kami ini dan dekatkanlah jaraknya yang jauh. Ya Allah, Engkaulah kawan (yang melindungi) perjalanan dan wakil (yang menjaga) keluarga kami. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan perjalanan dan keburukan pemandangan dan kejelekan di saat kembali, pada harta dan keluarga. 

2. Selalu Berdoa Sepanjang Perjalanan

Teruslah berdo’a sepanjang perjalanan. Do’a apa saja, menggunakan bahasa Arab atau bahasa lainnya yg bisa dipahami.

Rasulullah SAW bersabda;

“ada tiga doa mustajab yang tidak perlu diragukan lagi. Yakni, doa orang teraniaya, doa musafir, dan doa orang tua kepada anaknya”. (HR. Abu Huraiah)

3. Berdoa Meminta Perlindungan Sesampainnya di Tempat Liburan

Sesampainya di tujuan, tidak berarti anda aman. Tetaplah minta perlindungan kepada Allah SWT agar tercipta rasa aman dan keselamatan.

Rasulullah SAW bersabda;

“Barang siapa singgah di suatu tempat lalu berdoa; aku berlindung kepada kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya- maka tidak akan ada sesuatu yang membahayakan dirinya sampai dia meninggalkan tempat tersebut”. (HR Muslim)

4. Segera Pulang Jika Memang Sudah Selesai Liburan

Godaan orang yang sedang bergembira dan bersenang-senang di tempat hiburan atau pariwisata adalah lupa waktu, sehingga lupa untuk segera pulang. Padahal Rasulullah menganjurkan untuk segera pulang bila telah selesai berlibur. Sebagaimana sabdanya :

“Berpergian itu sebagian dari siksa, karena dapat menghalangi seseorang untuk makan, minum, dan tidur. Karena itu, apabila seorang di antara kalian telah menyelesaikan urusannya, hendaklah segera kembali ke keluarganya”. (HR. Bukhari)

5. Singgah di Masjid Sebelum Pulang

Berlibur boleh tapi jangan jangan sampai meninggalkan kewajiban sholat lima waktu. Bahkan Rasulullah menganjurkan sejenak singgah ke Masjid untuk sekedar melaksanakan sholat sunnah dua rakaat di sana.

Diriwayatkan Kab bin Malik, apabila Rasulullah SAW datang dari bepergian, beliau terlebih dahulu masuk masjid dan melakukan shalat dua rakaat.

Dirangkum dari Berbagai Sumber

Posted on 21 Desember 2015, in Agama and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Subhanallah…ya benar kadang kita lupa sakeng senangy mau pergi lupa berdoa…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: