Penurunan Harga BBM Mulai 5 Januari 2016, Ini Daftar Harganya

image

Serambimata.com – Tahun baru harga BBM baru. Demikian ketetapan pemerintah tentang penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi berlaku mulai 5 Januari 2015. Kebijakan tersebut dimaksudkan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi tanah air. Berikut daftar harga baru BBM bersubidi setelah resmi diturunkan.

Harga premium yang sebelumnya Rp 7.300 turun menjadi Rp 7.150, sedangkan harga baru solar adalah Rp 5.950 dari harga semula 6.700.

Menteri ESDM Sudirman Said saat mengumumkan harga baru BBM di Istana Negara, Rabu (23/12) sore mengatakan, penurunan itu cukup signifikan. Hanya saja, pemerintah telah memutuskan untuk memberlakukan pungutan guna mengumpulkan dana ketahanan energi dari setiap liter BBM bersubsidi sesuai amanat Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi. “Ini untuk pengembangan energi baru dan terbarukan,” katanya.

Untuk Premium, dana pungutan untuk ketahanan energinya sebesar Rp 200. “Harga keekonomian Premium dari Rp 7.300 menjadi Rp 6950. Kemudian kita memungut dana ketahanan energi Rp 200 jadi Rp 7.150,” ujar Sudirman.

Sedangkan pungutan dana ketahanan energi untuk solar sebesar Rp 300 per liter. Harga jual solar diturunkan menjadi Rp 5.650 per liter. Namun, dengan pungutan dana ketahanan energi, maka solar bersubsidi akan dijual Rp 5.950 per liter.

Namun, harga baru itu tak serta-merta berlaku. “Harga ini berlaku mulai 5 Januari 2016,” kata Sudirman.

Lantas, mengapa harga baru itu bari diberlakukan mulai 5 Januari tahun depan? “Karena untuk menghabiskan stok harga lama segingga distributor tidak dirugikan,” katanya.

Sumber JPNN

Posted on 24 Desember 2015, in Ekonomi and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: