12 Penyakit Mengerikan Hanya Karena Sebungkus Mie Instan

image

Serambimata.com – Setelah membaca artikel ini sebaiknya anda berhenti mengkonsumsi Mie Instan. Atau kalau tidak bisa, kurangi secara bertahap dari sekarang. Anda percaya atau tidak terhadap informasi ini itu soal lain. Tapi waspada sebelum sakit datang itu kewajiban. Bukan Rasulullah sudah mengingatkan “Jagalah sehat sebelum sakitmuk”.

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yg satu ini, Mie instan. Hampir seluruh pecinta makanan mengenalnya bahkan mungkin pernah menikmatinya. Mie instan menjadi makanan yang begitu melekat di lidah dan kebiasaan orang Indonesia. Bahkan makan mie instan sudah menjadi tradisi yang unik seperti makan mie instan rebus dengan kuah yang pedas di tengah hujan atau makan mie instan goreng sebagai salah satu mood booster.

Meski banyak orang sudah menyadari bahwa makan mie instan terutama jika berlebihan tidak baik untuk kesehatan, jumlah penggemar mie instan tidaklah surut. Padahal ada beberapa penyakit yang bisa muncul karena mie instan seperti berikut ini.

1. Merusak pencernaan

Tahukah Anda bahwa saat keseringan makan mie instan maka sistem pencernaan Anda bisa rusak? Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com ini, keseringan makan mie instan bisa menyebabkan sembelit, diare, sakit perut, naiknya asam lambung, kembung, hingga masalah lambung lainnya.

2. Meningkatkan tekanan darah

Tingginya kandungan natrium di dalam mie instan mampu meningkatkan tekanan darah, masalah ginjal, serta retensi cairan di tangan dan kaki. Risiko ini akan meningkat lebih tinggi bagi mereka yang sudah memiliki penyakit tekanan darah tinggi.

3. Menurunkan sistem metabolisme

Penasaran kenapa makan mie instan bisa bikin gemuk? Hal ini terjadi karena saat Anda kebanyakan makan mie instan maka sistem metabolisme tubuh Anda menurun. Selain menurunkan sistem metabolisme, makam mie instan juga dapat menyebabkan akumulasi racun dalam tubuh yang berasa dari zat penambah rasa, pewarna, dan pengawet di dalamnya.

4. Tinggi MSG

Anda pasti tahu bahwa rasa mie instan begitu kuat. Hal ini disebabkan karena mie instan tinggi MSG. Penelitian telah menunjukkan bahwa tingginya MSG dapat menyebabkan kerusakan otak, penyakit ginjal, dan kompilasi lainnya dalam tubuh.

5. Menyebabkan kanker

Mie instan mengandung bermacam zat pengawet yang bisa menyebabkan kanker. Anda pun patut mewaspadai mie instan yang dikemas dalam cup. Sebab cup ini akan sangat membahayakan tubuh jika dipanaskan.

6. Kerusakan lever

Kerusakan lever merupakan salah satu dampak buruk saat Anda mengonsumsi mie instan terlalu banyak. Sebab mie instan mengandung humektan atau zat anti beku yang mampu menyebabkan kerusakan ginjal dan lever. Mie instan juga mengandung propilen glikol yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

7. Gagal Ginjal.

Kandungan Proplene Glycol juga mengundang penyakit lain yaitu merusak kerja ginjal sebagai salah satu organ vital dalam tubuh kita. Penyakit ginjal tersebut berupa penyakit gagal ginjal.

8. Diabetes

Mie Instan meski memiliki rasa cenderung gurih juga mengandung banyak kandungan gula di mana dapat menyebabkan penyakit Diabetes. Secara tidak langsung kandungan gula tersebut diserap secara baik oleh tubuh kita.

9. Memicu penyakit Stroke.

Penyakit stroke yang sering menyerang sebagian orang di dunia termasuk Indonesia juga dapat datang karena mengkonsumsi rutin mengkonsumsi Mie Instan. Mie Instan dapat menganggu kelancaran aliran darah.

10. Menganggu sistem pernafasan.

Kandungan MSG dalam Mie Instan juga dapat menganggu pernafasan kita. Gejalanya yang paling utama adalah membuat kita sulit bernafas dan merasa sesak di dada. Bila memang sudah merasakan ini segera jauhi Mie Instan. Tidak maukan sampai kehilangan nyawa karena Mie Instan?

11. Penyakit jantung.

Mie Instan juga termasuk dalam junk food atau makanan yang miskin vitamin. Mengkonsumsi Mie Instan terlalu sering dapat memicu penyakit jantung. Hal ini dikarenakan Cardionmetabolic Syndrome.

12. Peningkatan berat badan (obesitas)

Mie instan terbuat dari karbohidrat sebagai bahan utamanya. Mie instan juga mengandung banyak zat aditif seperti MSG, garam, dan penguat rasa lainnya. Semua zat ini mampu menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang mampu mengakibatkan penumpukan lemak. Sehingga tidaklah mengherankan jika makan mie instan bisa menyebabkan kegemukan (obesitas).

Sekali dua kali makan mie instan memang tidak terlalu membahayakan tubuh. Apalagi jika diimbangi dengan tambahan sayur hijau di dalamnya. Namun saat Anda kebanyakan makan mie instan, bahaya di ataslah yang akan Anda dapat. Jadi, bijaklah dalam mengonsumsi mie instan.

Dari berbagai sumber

Posted on 25 Desember 2015, in Kesehatan and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: