Ingin Berbisnis? Pelajari Dulu Beberapa Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2016 Berikut ini

image

Serambimata.com – Mengawali tahun 2016, sudahkan anda menyusun rencana ditahun baru ini?. Atau mungkin anda sedang menghitung-hitung banyak hal yang belum tercapai 2015 bisa dikejar di 2016, termasuk membuka usaha atau berwirausaha.

Berbicara peluang usaha di tahun 2016, tidak banyak yang berubah dibanding 2015. Bisnis yang dipandang cerah masih berbasis teknologi misalnya bisnis online.

Pada dasarnya, peluang usaha di tahun 2016 tidak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya. Hanya saja mungkin beberapa jenis yang booming di tahun 2015 akan tidak seramai dulu lagi, ini wajar karena bisnis bersifat dinamis.

Pesatnya perkembangan teknologi ternyata diikuti pula oleh trend berbelanja online di tengah masyarakat modern. Melihat fakta ini, mau tak mau membuka peluang bisnis harus pandai melirik peluang.

Berikut beberapa jenis peluang bisnis yang menjanjikan di tahun 2016, antara lain:

1. Bisnis Online

Besarnya pangsa pasar Tanah Air membuat beberapa orang pada akhirnya berani membuka online shop. Usaha ini memang menguntungkan, terlebih bagi mereka yang memiliki mental berwirausaha yang kuat dan tepat.

Walaupun terlihat mudah, ternyata bisnis online memiliki kesulitan tersendiri. Terutama bagi yang ingin konsisten menjalankan bisnis online dengan pendapatan yang mencukupi. Tak hanya dipaksa harus mampu dan kompeten dalam menggunakan desktop dan gadget, Anda juga harus mampu bersikap fleksibel dengan kemungkinan yang akan dihadapi di depan.

2. Waralaba

Selanjutnya bisnis franchise (waralaba) pun akan semakin berkembang luas terutama franchise lokal seperti Alfamart, Indomaret, dan sebagainya.

Di bidang ini pemain lokal akan semakin banyak yang sukses dan untuk produk franchise ini masih didominasi oleh jenis franchise makanan dan minuman.

3. Bisnis Musiman

Bisnis ini memang tidaklah bertahan lama, mungkin hanya beberapa tahun. Namun, meski sebentar tetap saja bisnis musiman akan menghasilkan keuntungan yang besar, karena memang banyak pembeli yang berminat dan mencari produk yang sedang tren.

Semisal, usaha berjualan kue-kue kering ketika hari besar keagamaan. Sehingga peluang ini prospeknya sangat bagus.

4. Bisnis Industri Kreatif

Bidang industri kreatif diprediksi akan berkembang pesat dan menembus pasar internasional. Bisnis kreatif di Jakarta, Bandung dan Jogya akan menjadi leader untuk memberikan hasil dari start up di bisnis industri kreatif ini.

Seperti kerajinan tangan, yang dapat menghasilkan potensi keuntungan besar, apalagi biasanya produk unik dengan cara pemasaran yang kreatif dan inovatif.

5. Eksis di internet (Social Media)

Kalau yang satu ini tidak usah disuruh, kebanyakan orang di zaman ke-kinian ini senang eksis apalagi di dunia mbak-Maya (internet). Terutama di social media Facebook, Twitter, Instagram, Path, Youtube, Thumblr, web blog dan social media lainya. Tentu ini bukan saja sekedar isu belaka, banyak artis yang jadi ngetop berawal dari Youtube.

Pada dasarnya cari perhatian yang menghibur ujungnya ya sama jualan juga. Nah, anda bisa ? kalau mau bikin saja sesuatu yang beda apa saja positif negative yang penting berguna bagi masyarakat luas.

6. Bisnis kreatif

Pekerjaan satu ini memerlukan orang – orang gila yang memiliki pemikiran gila dan tentunya bermanfaat untuk sesama. Lalu mengapa ini menjadi salah satu dari Peluang Usaha 2016 kedepan ? Karena berdasarkan perkembangan bisnis kreatif kini menjadi sesuatu yang unik terutama bagi para wirausahawan kreatif.

Dengan membuat inovasi baru dalam bisnis, tentu saja tidak hanya mendulang uang melimpah ke rekening anda. Tapi juga, membuka lapangan pekerjaan baru untuk mereka para pencari kerja. Inovasi ini benar – benar penting untuk anda yang ingin terjun ke bisnis kreatif, saat ini jadi waktu yang tepat untuk menuangkan ide.

7. Hobby yang menghasilkan

Tidak dipungkiri memang, kalau dalam bekerja kita harus benar – benar senang (passion) dengan apa yang sedang kita kerjakan. Misalnya dari hobby yang kita sukai, seperti hobby makan – makan. Berbekal photo dan selembar blog, anda sudah bisa menjadi food blogger, dengan me-review tempat – tempat makan enak lalu manfaatkan Google Adsense untuk dapatkan dollar.

Atau hobby lain seperti menulis, anda bisa jadi penulis artikel lepas dengan membuka jasa menulis artikel, atau meluncurkan sebuah buku. Tak perlu sungkan, sekata dua kata lama – lama anda akan terbiasa, yang penting hobby anda bisa menghasilkan.

Posted on 1 Januari 2016, in Ekonomi and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: