Dalam Waktu Dekat MenPAN-RB Akan Pangkas 1 Juta PNS Demi Efisiensi

image

Serambimata.com – Di saat tidak sedikit masyarakat mendambakan menjadi PNS, pemerintah justru berencana memangkas jumlah PNS yang dianggap terlalu banyak sehingga membebani belanja negara.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) dalam waktu dekat melakukan pengurangan pegawai negeri sipil (PNS) besar-besaran. Setidaknya ada 1 juta PNS yang akan dipangkas alias diberhentikan.

Menteri PAN RB Yuddy Chrisnandi mengungkapkan, kementeriannya kini tengah mengkaji rencana pengurangan jumlah PNS. Jika jadi dilakukan, dia memperkirakan jumlah PNS yang dipangkas bisa mencapai 1 juta orang. ”Mudah-mudahan (kajiannya, red) selesai dua pekan lagi,” ucapnya.

Yuddy menyatakan, rencana pemangkasan tersebut berkaitan dengan efisiensi belanja negara. Menurutnya, pemangkasan 1 juta PNS akan bisa menghemat anggaran sampai Rp 3 triliun per bulan.

”Bayangkan saja kalau gaji PNS rata-rata Rp 3 juta per bulan plus tunjangan dikali satu juta, kemudian dikali 12 bulan, bisa hemat triliunan itu selama setahun,” bebernya di Jakarta, Selasa (5/1).

Menteri berlatar politikus Partai Hanura itu menambahkan, rencana tersebut segera dilaporkan kepada presiden setelah kajian tuntas. ”Sementara masih rencana. Nanti kalau sudah ada hasil yang komprehensif, baru kami laporkan,” terangnya.

PNS yang bagaimana yang akan menjadi target pemangkasan? Sejauh ini Yuddy belum menjelaskan secara gamblang.

Sumber JPNN.

Posted on 6 Januari 2016, in Ekonomi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: