Mantab! NU akan Bangun Kampus Berstandar Internasional di Surabaya

image

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansah dan Menristekdikti Muhammad Nasir saat melihat maket pembangunan kampus

“Kampus ini akan dibangun di atas lahan seluas  14,5 hektar dan diperkirakan akan menelan biaya 1,5 Triliun”

Serambimata.com – Sebagai Ormas Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama’ (NU) terus berbenah terutama di sektor pendidikan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah medirikan lembaga pendidikan tinggi yang representatif, prestisius dan bestandar internasional.

Kampus berstandart world class university tersebut akan dibangun oleh Yayasan Taman Pendidikan dan Sosial (YPTS) Nahdatul Ulama (NU) Khadijah. Perguruan tinggi tersebut sedianya akan berdiri di atas lahan seluas 14,5 hektar di Kawasan Wonorejo, Surabaya.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansah dan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir melihat langsung maket pembangunan kampus tersebut. Khofifah yang juga Ketua YPTS NU Khadijah Surabaya mengatakan, saat ini lokasi tersebut masih berupa tambak. Pembangunanya nanti model kampus yang di tengahnya terdapat danau.

“Kampus ini akan menjadi layanan pendidikan NU dengan standar world class university. Saya membayangkan bagaimana indahnya ketika ada kampus yang tengah-tengahnya terdapat danau,” kata Khofifah di YPTS NU Khadijah Surabaya.

Dia menjelaskan, pembangunan gedung pendidikan tinggi ini diperkirakan akan menelan biaya Rp1,5 triliun, dengan asumsi bangunan akan dibangun sembilan Lantai. Berdasarkan masterplan, lokasi tersebut akan dibagi menjadi empat zona. Zona umum meliputi minimarket, toko alat tulis, pos keamanan, kantin, masjid, bengkel genset dan rumah genset. Kemudian, zona fasilitas plah raga yang meliputi lapangan futsal, lapangan tenis, lapangan bola voli, kolam renang dan GOR.

Selanjutnya, zona pendidikan yang meliputi Kantor Yayasan dan manajemen, gedung TK, gedung SMP, gedung SMA, gedung PAUD, perpustakaan dan laboratorium workshop. Terakhir, zona perguruan tinggi yang meliputi kampus A hingga C, ruang belajar bersama, kampus pascasarjana, wisma tamu dan rumah dinas pimpinan.

“Fokus dari perguruan internasional NU Khadijah ini pada sains, teknologi, teknik dan ekonomi,” jelasnya.

Khofifah optimistis, proses pembangunan perguruan tinggi itu akan selesai dalam waktu lima tahun. “Yakin bisa terwujud dengan ikhtiar bersama. Kami juga akan melakukan kerjasama dengan luar negeri dan NU akan memiliki perguruan tinggi dengan standar international,” tambahnya.

Sumber Okezone

Posted on 6 Januari 2016, in Pendidikan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: