Inilah Peringkat Korupsi Indonesia Terbaru, Turun atau Naik?

image

Serambimata.com –  Pemberantasan Korupsi di Indonesia harus melalui jalan terjal. Komisi Pemberantan Korupsi (KPK) sebagai lembaga yang memiliki kewenangan menindak para pelaku korupsi harus menghadapi terpaan badai dalam mejalankan tugasnya. Jatuh bangun lembaga anti riswah semenjak pemerintahan SBY hingga Jokowi mewarnai perjalanannya.

Lalu, berada di peringkat berapa Indonesia di bidang korupsi hingga setahun lebih Joko Widodo menjadi presiden di Indonesia? Turun atau naikkah?

Dikutip dari artikel yang dirilis media Inggris, The Daily Mail pada Kamis (28/1/2016), sebuah organisasi asal Berlin, Jerman, Transparency International baru saja merilis Indeks korupsi negara-negara di dunia. Dari data yang bernama Corruption Perceptions Index tersebut terungkap posisi Indonesia menunjukkan perbaikan.

Hingga penghujung tahun 2015, satu tahun berjalan Indonesia dipimpin Joko Widodo, negara ini mendapat poin 34, dan berada pada posisi 88.

Ada 7 negara yang posisinya berada hampir sejajar dengan Indonesia, yakni Albania, Ajazair, Mesir, Maroko, Peru, dan Suriname.

image

Bila dibandingkan dengan tahun 2014, posisi ini jelas lebih baik.

Dalam peringkat  yang juga dikeluarkan Transparency International, pada tahun 2014, Indonesia masih berada di posisi 107, dengan raihan poin 34.

Dari dalam tabel di atas tercantum angka yang ada di sebelah nama negara. Angka tersebut adalah poin yang diperoleh masing-masing negara dari tahun ke tahun berkaitan dengan korupsi.

Terlihat 36 adalah poin Indonesia untuk tahun 2015, 34 untuk tahun 2014, 32 untuk tahun 2013, dan begitu seterusnya.

image

Untuk tahun 2015, meskipun posisi dan poin Indonesia belum jadi yang terbaik di antara negara Asia Tenggara, namun posisi Indonesia masih lebih baik dari Filipina, Vietnam, dan Myanmar.

Sedangkan negara paling korup sedunia disandang Somalia dan Korea Utara. Kedua negara itu menghuni posisi paling bawah dalam daftar Transparency International tersebut.

Sebaliknya, Denmark, Finlandia, dan Swedia, merupakan negara yang ada di posisi 3 besar untuk urusan paling bersih.

Semoga ke depan peringkat Indonesia di bidang korupsi makin baik, hingga pada akhirnya menjadi negara yang bersih dari tindakan korupsi.

Sumber : http://www.suryamalang.com

Posted on 5 Februari 2016, in Politik and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: