Mendikbud Tegaskan Seragam Putih Hitam Bukan untuk Guru, Bagaimana dengan Guru Kemenag?

image

Serambimata.com – Kebijakan pemerintah yang mengharuskan PNS berseragam putih hitam pada hari tertentu sontak menjadi ramai diperbinjangkan di dunia maya setelah
Mendikbud Anies Baswedan mengklarifikasi kebijakan tersebut.

Anies Baswedan memberikan penjelasan soal edaran seragam putih hitam. Menurut Anies, edaran itu bukan untuk para guru tetapi untuk pegawai di Kemdikbud.

“Bukan. Itu edaran untuk semua pegawai Kemdikbud,” jelas Anies, berberapa waktu lalu.

Menurut Anies, guru adalah pegawai Pemda sejak 2001, jadi tidak mungkin diatur lagi soal seragam oleh Kemdikbud.

“Jadi edaran ini bukan untuk guru tapi untuk pegawai Kemdibud,” tutup dia.
image

Di surat edaran itu tertulis mengenai pakaian seragam kerja dan dikeluarkan pada 11 Januari 2016. Edaran itu intinya mengimbau agar sejak 1 Februari 2016 seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan wajib memakai pakaian seragam kerja.

Untuk hari Senin dan Kamis, memakai atasan putih dan bawahan hitam, khusus eselaon 1 dan II memakai dasi. Hai Selasa dan Rabu pakaian bebas, sementara hari Jumat memakai batik. Edaran ini ditandatangani Sekretaris E Nurzaman AM.

Lalu bagaimana dengan guru di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag)? Sebagaimana diketahui, di awal tahun 2016 melalui surat edaran yang dikeluarkan Kemenag, PNS diligkungannya diwajibkan menggunakan pakaian dinas putih hitam setiap Senin s.d. Rabu. Hari Kamis kemeja baju batik, dan hari Jumat bebas rapi.
image

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menerbitkan Peraturan Mendagri (Permendagri) nomor 6 Tahun 2016 tentang Perubahan Ketiga Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 60 tahun 2007 tentang Pakaian Dinas PNS lingkup Kemendagri dan Pemerintah daerah.

Aturan baru itu mengharuskan PNS menggunakan seragam dinas pada Senin – Selasa pakaian dinas krem. Rabu kemeja putih. Kamis – Jumat menggunakan batik. Jika guru adalah pegawai Pemerintah Daerah, maka harus mematuhi aturan tersebut, yakni menggunakan seragam hitam putih yang lekat dengan Jokowi.

Dikutip dari berbagai sumber

Posted on 16 Februari 2016, in Pendidikan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: