Guru di Selandia Baru Peringkat ke-4 Sebagai Pengajar Paling Profesional di Dunia, Ini Rahasianya

image

Serambimata.com –  Menjadi guru paling profesional yang diakui dunia? Kenapa tidak?. Itu dibuktikan oleh para pengajar di Selandia Baru. Kesungguhan mereka dalam menjalankan profesinya diakui dunia sebagai guru paling profesional ke-4 dari 34 negara.

Oganisation for Economic and Development (OECD) menobatkan guru-guru di Selandia Baru sebagai jajaran para pengajar paling profesional di dunia.

Studi terbaru yang dilansir Teaching and Learning International Study (TALIS), menempatkan para guru Selandia Baru di peringkat empat dari 34 negara dan ekonomi lainnya yang tercatat dalam daftar pengajar terprofesional dunia.

Penelitian tersebut menyimpulkan, guru Selandia Baru dinilai terbaik dalam kategori pelatihan guru dan pengembangan profesional, otonomi kerja dan jaringan dengan sesama kolega, yang semua itu merupakan indikator pokok dari profesionalisme.

Studi ini juga menegaskan bahwa 90 persen guru di negara ini berpartisipasi dalam program pendidikan guru, dengan 85 persen memiliki otonomi atas bahan pengajaran mereka. Lebih dari 9 dari sepuluh (93 persen) guru di Selandia Baru juga menerima umpan balik pada pengajaran mereka berdasarkan pengamatan langsung.

Berbagai cara dilakukan oleh para guru di Selandia Baru sehingga mereka dinobatkan sebagai pengajar paling profesional di dunia. Berikut kiat-kiatnya:

Peter Bull, General Manager, International, Educational New Zeland mengatakan sebelum melangkah ke dunia mengajar, para guru mendapatkan pelatihan profesional. “Guru-guru kami dilatih untuk membantu murid dalam berpikir kritis dan mendapatkan keahlian yang banyak dicari. Penelitian dari studi terbaru OECD ini juga menjadi cermin yang baik dari sistem pendidikan dan tenaga kerja pengajar yang berkualitas tinggi di Selandia Baru,” kata dia.

Studi ini juga menemukan bahwa profesionalisme guru Selandia Baru konsisten di seluruh sekolah di Negeri Kiwi ini, di mana pun lokasi mereka berada. Peter mengatakan guru-guru di Selandia Baru bekerja keras menciptakan dampak positif bagi kehidupan murid dan agar mereka juga dapat mencapai kesuksesan, apapun latar belakang murid maupun asal mereka apakah murid lokal atau internasional. “Ini mencerminkan profesionalisme dan pemahaman para guru yang tinggi mengenai pentingnya pendidikan yang sempurna,” ujar Peter.

Hanya saja penelitian OECD ini tak menyebutkan alasan lainnya yang mendorong para guru di Selandia Baru bekerja sangat profesional. Misalnya penghargaan dari pemerintah (reward), baik berupa finansial, fasilitas dan penghargaan lainnya.

Selandia Baru Termasuk 10 Negara dengan Sisem Pendidikan Terbaik

Tahun 2014 lalu, 8. Selandia Baru berhasil bertengger di 10 besar sebagaul negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Sistem pendidikan di negeri Kiwi tersebut dirancang untuk mengenali kemampuan yang berbeda, keyakinan agama, kelompok etnis, tingkat pendapatan, ide-ide tentang pengajaran dan pembelajaran, dan memungkinkan penyedia pendidikan untuk mengembangkan karakter khusus mereka sendiri.

image

Pelajar di Selandia Baru sangat menggemari musik Gamelan

Kebijakan nasional dan kerangka kerja untuk regulasi dan bimbingan, persyaratan dan pengaturan pendanaan ditetapkan oleh pemerintah pusat dan dikelola melalui badan-badan tersebut. Kewenangan administratif untuk sebagian besar pelayanan pendidikan diserahkan kepada lembaga-lembaga pendidikan, yang diatur oleh Dewan Perwakilan Rakyat.

Selandia Baru memiliki sistem jaminan kualitas yang kuat yang memastikan konsistensi, pendidikan berkualitas tinggi di semua tingkat sistem pendidikan, baik negeri maupun swasta.

Sistem pendidikan di Selandia Baru memiliki tiga tingkatan – pendidikan anak usia dini, sekolah menengah, dan pendidikan tinggi – di mana siswa dapat mengikuti berbagai jalur yang fleksibel.

Dari Berbagai Sumber

Posted on 18 Februari 2016, in Pendidikan and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: