Wow! Indonesia Peringkat 9 Dunia dalam Hal Aliran Dana Gelap

image

Serambimata.com – Negeri gemah ripah loh jinawi dengan kekayaan alam melimpah yang diwariskan ibu pertiwi, seharusnya negeri ini menjadi negara digdaya dan mandiri. Tapi apa daya, kekayaan negeri ini sudah sejak lama terbeli untuk memenuhi hasrat para penguasa dan pribadi.

Negeri yang dulu disegani kini menjadi negeri yang terpuruk karena korupsi, hingga negeri ini menjadi negeri tertinggal karenanya. Hingga yang terbaru, Indonesia berada di peringkat kesembilan dunia dalam hal aliran dana gelap triliunan rupiah.

Pakar ekonomi, Fachru Nofrian menjelaskan, saat ini Indonesia berada di peringkat kesembilan dunia dalam hal aliran dana gelap (ilicit financial flow). Data tersebut berdasarkan penelitian Global Financial Integrity (GFI) selama kurun waktu 2004-2015.

“Rata-rata tahunan aliran dana gelap di Indonesia ini mencapai 18 miliar dolar Amerika Serikat,” kata Fachru di Cikini, Jakarta, Sabtu (20/2).

Fachru melanjutkan, sejak tahun 2010 hingga tahun 2014, akumulasi aliran dana gelap di Indonesia mencapai Rp 914 triliun. Nilai ini setara dengan 45 persen pertambahan jumlah uang beredar luas (m2) dalam periode yang sama.

Jika dibandingkan dengan nilai Produk Domestik Bruto (PDB) nasional, jumlah aliran dana gelap tersebut mencapai 2,2 persen. “Hampir menyamai defisit Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2014 yang tercatat sebesar 2,26 persen dari nilai PDB,” ucap Fachru.

Lebih jauh Fachru memaparkan, meningkatnya aliran dana gelap yang disebabkan oleh trade misinvoicing untuk menghindarkan pajak ini, berdampak langsung pada penerimaan pajak. Potensi penerimaan pajak dari transaksi seperti ekspor atau impor, bisa hilang karena upaya penghindaran pajak ini.

“Dengan akumulasi aliran dana gelap Indonesia yang diperkirakan telah melampaui 2500 triliun dalam sepuluh tahun terakhir, kehilangan penerimaan pajak negara terhitung sangat besar,” kata Fachru.

Sumber Republika.co.id

Posted on 21 Februari 2016, in Ekonomi and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: