Atasi Siswa Bolos, Risma “Damprat” Langsung Siswa Malas dan Melarang Game Online dan Rental PS…

image

Aksi Trirismaharini saat mendamprat siswa yang ketahuan bolos sekolah

Serambimata.com – Kepala daerah yang satu ini memang luar biasa, pantas saja ia terplih lagi menjadi walikota Surabaya bahkan terpilih menjadi salah satu walikota terbaik di dunia. Bayangkan saja, untuk mengatasi siswa yang bolos sekolah, Tri Rismaharini tidak hanya menugaskan Satpol PP tapi langsung pasang badan dan turun ke lapangan mengatasinya.

Tidak hanya itu, Risma langsung “menyemprot” 14 siswa yang kedapatan membolos.

“Kalian ini kok tidak bersekolah. Orang tua kalian sudah susah cari uang, tapi kalian malah bolos sekolah,” kata Risma di hadapan 14 siswa bolos tersebut.

Orang nomor satu di jajaran Pemkot Surabaya ini juga menanyakan kepada belasan siswa bolos tersebut terkait alasannya tidak sekolah. Anak-anak itu menjawab karena bosan dan malas ke sekolah.

“Kamu kelas berapa? Kelas 12 harusnya kan kamu lebih giat belajar, bukan bolos terus nongkrong di warung kopi,” tandas dia.

Ditegaskan Risma, dirinya akan memberikan hukuman selain pemanggilan pihak sekolah, juga akan mengadukan kelakuan anak-anak ini kepada orang tuanya masing-masing.

Tidak ingin kondisi itu terus berlanjut, dalam waktu dekat, pemkot akan membuat larangan bagi penyedia jasa game online dan rental PlayStation (PS). Mereka dilarang untuk untuk menerima siswa saat jam pelajaran.

Kepastian itu disampaikan Kasatpol PP Surabaya Irvan Widyanto kemarin (25/2). Dia menjelaskan, banyaknya siswa yang bolos saat jam pelajaran tersebut memantik keprihatinan pemkot. Sebab, Pemkot Surabaya sudah menggratiskan biaya pendidikan bagi siswa.

”Sudah seharusnya siswa rajin sekolah bukan membolos,” jelasnya.

Irvan mengakui hal tersebut. Menurut dia, saat ini pemkot sedang menggodok aturan mengenai game online dan penyedia jasa hiburan. Game online dan rental PS tidak diperbolehkan menerima siswa saat jam pelajaran. ”Kami akan kumpulkan semua penyedia jasa,” tuturnya.

Sejumlah poin larangan pun disiapkan. Yang pertama, tidak boleh menerima siswa yang mengenakan seragam. Kedua, tidak diperbolehkan menerima pelajar mulai pukul 08.00 sampai 12.00.
Ketika malam, batas maksimal adalah pukul 22.00. Yang ketiga, jika siswa itu memang mengerjakan tugas dari sekolah, harus melengkapi dengan surat keterangan dari guru. ”Itu harus dipatuhi,” ungkapnya.

Lalu, bagaimana dengan daerah anda? Sudahkah melakukan hal yang sama? Sudahkah kepala daerah anda turun langsung seperti yang Risma lakukan? Ataukah gameonline dan Rental PS masih bebas beroperasi kapan saja mencari korban?

Posted on 27 Februari 2016, in Pendidikan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. Wow hebat..itu baru pemimpin masa depan

    Suka

  2. Bagus aja bu tpi harus bijak juga..

    Suka

  3. Sy turut mendukung dan mmberikan apresiasi yg setinggi tingginya utk bu wali kota surabaya, Indonesia bangga punya bu risma, smg seluruh pejabat di negeri ini bs mencontoh ibu, yg bekerja sepenuh hati bkn hy utk pencitraan semata, maju terus ibu …..kami mendokan ibu agar sllu diberi kekuatan dan kesehatan ….

    Suka

  4. hahaha warung2, toko2 dilarang jualan rokok. wkwkkwk

    Suka

  5. Wajib TUTUP jam 10malam.
    Lanjutkan bu, saya dukung 100%
    Memang seharusnya begitu

    Suka

  6. sekalian aja toko penjual video game dilarang beroperasi

    Suka

  1. Ping-balik: Atasi Siswa Bolos, Risma “Damprat” Langsung Siswa Malas dan Melarang Game Online dan Rental PS… | SD Negeri Daon3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: