Mantab! Mulai 1 April Harga Premium dan Solar Turun Rp.500 Perliter

image

Serambimata.com – Hanya berselang beberapa jam harga Bahan Bakar Mesin (BBM) jenis pertamax cs diturunkan. Pemerintah kembali mengumumkan penurunan harga BBM baru untuk premium dan solar. Keputusan ini didapat seusai rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Rabu (30/3/2016).

“Pada hari ini kami memutuskan harga premium yang semula Rp 6.950 per liter, pada 1 April menjadi Rp 6.450. Jadi turun Rp 500. Kemudian minyak solar semula Rp 5.650 per liter menjadi Rp 5.150 per liter. Harga minyak tanah tetap dan tidak ada perubahan,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said saat memberikan keterangan pers di Kantor Kepresidenan, Rabu (30/3).

Untuk harga minyak tanah, harganya tidak berubah, yakni tetap Rp 2.500 per liter.

Sudirman mengatakan, berdasarkan regulasi pemerintah tidak akan melepaskan harga BBM sepenuhnya pada mekanisme pasar. Sebab tugas pemerintah adalah menjaga stabilitas dan kelancaran ketersediaan pasokan agar naik-turun harga BBM tidak terlalu tinggi.

“Jadi pertimbagan menurunkan harga BBM ini juga sudah melalui berbagai pertimbangan, terutama permintaan agar pemerintah tidak melepas harga BBM ke pasar”. Tambah Sudirman.

Pemerintah berjanji untuk mereview harga setiap tiga bulan. Namun demikian, keputusan penurunan harga tersebut sudah mempertimbangkan situasi bulan Juni-Juli, yang akan memasuki puasa dan Lebaran.

Dia berharap harga baru BBM dapat bertahan hingga enam bulan ke depan, sehingga masyarakat bisa menyusun rencana dengan baik. “Kami berharap masyarakat tidak terganggu naik turunnya harga BBM yang telalu berfluktuasi,” kata Sudirman.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengungkapkan, Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar setelah adanya penurunan harga BBM, tarif angkutan umum juga diwajibkan turun.

Posted on 30 Maret 2016, in Ekonomi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. kalau pertanax turun ndak harganya..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: