Ternyata Roti Tawar Putih Berbahaya Bagi Kesehatan, Hentikan!

image

Serambimata.com – Roti tawar sering menjadi pilihan pengganti sarapan atau camilan di pagi hari atau ketika waktu-waktu senggang. Pilihan itu cukup beralasan karena selain lebih praktis, roti tawar juga dianggap kaya nutrisi dan bergizi cukup tinggi. Tapi, Tahukan Anda jika roti tawar ternyata berbahaya bagi kesehatan bahkan dapat menyebabkan kematian?

Seperti dilansir Boldsky, Rabu.(28/8/2013), ada beberapa alasan yang menyebabkan roti tawar tergolongan makanan yang berbahaya bagi kesehatan dan dianjurkan dihindari. Berikut alasannya :

1. Tidak ada nutrisi

Ternyata, roti tidak mengandung nutrisi apa pun. Makanan ini hanya mengenyangkan perut, namun tidak memberikan asupan protein dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Kadar sodium tinggi

Roti memiliki kandungan sodium/natrium yang sangat tinggi. Hal itu berkontribusi pada munculnya penyakit jantung. Jika Anda sering mengonsumsi roti tawar, kadar garam dalam tubuh akan meningkat. Sama saja menaruh diri Anda pada sebuah malapetaka.

3. Membuat gemuk

Mengonsumsi roti dalam jadwal diet adalah pilihan yang salah. Sebab, di dalam roti mengandung banyak kalori yang dapat meningkatkan berat badan Anda.

4. Tidak membuat kenyang

Antara roti tawar dan roti gandum, mana yang akan Anda pilih? Mayoritas dari Anda pasti akan memilih roti tawar karena rasanya lebih enak. Ya, memang benar. Namun, ternyata roti tawar tidak dapat mengenyangkan. Anda harus mengambil beberapa buah roti, barulah Anda merasa kenyang.

5. Mengandung protein ‘jahat’

Gandum memiliki kadar protein ‘jahat’ (glutten) yang sangat tinggi. Jenis protein ini dapat menimbulkan penyakit seliaka, suatu penyakit yang menyebabkan perut terasa sakit setelah mengonsumsi makanan.

6. Tinggi karbohidrat

Para ahli mengatakan bahwa semua makanan yang terbuat dari roti memiliki jumlah karbohidrat yang sangat tinggi. Jika Anda terus mengonsumsinya, bisa-bisa Anda mengalami overdosis karbohidrat. Hal ini akan menyebabkan Anda mengalami kabut otak yang dapat menurunkan fungsi kognitif.

7. Meningkatkan kadar gula dalam darah

Pati dalam roti akan terpecah sangat cepat ketika memasuki saluran pencernaan dan akan memasuki aliran darah menjadi glukosa. Hal ini dapat menyebabkan kadar gula dalam darah dan kadar insulin melonjak dengan cepat.

8. Mengandung sirup jagung fruktosa

Sebagian jenis roti pasti mengandung sirup jagung fruktosa dalam jumlah yang tinggi, seperti makanan olahan. Jenis gula ini memberi dampak buruk pada kesehatan Anda.

Mulai sekarang, anda harus mencari jenis makanan lain yang lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Posted on 1 April 2016, in Kesehatan and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: