Hasil Survei Terbaru, Peringkat Kekuatan TNI di Dunia Turun

image

Serambimata.com – Setelah sempat bertengger di posisi ke-12, dengan indeks kekuatan (power index score-PwrIndx) 0.5231. Kini, kekuatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) versi survei terbaru Global Firepower (GFP), turun.

Dari hasil survei GFP terbaru, TNI turun ke peringkat 14. Namun, indeks kekuatannya justru membaik yakni di angka 0, 3354 (semakin kecil indeks, semakin kuat peringkat militer).

Peringkat yang dikeluarkan oleh GFP ini mengambil 50 faktor untuk menentukan kemampuan militer sebuah negara. Di antaranya, faktor geografis, populasi, personel militer, anggaran militer, peralatan tempur hingga termasuk utang luar negeri negara tersebut. Setidaknya, terdapat 126 negara di dunia yang disurvei.

TNI kini berada di bawah Pakistan (13), Mesir (12), Korea Selatan, Italia, Jerman, Turki, Jepang, Inggris Raya, Prancis, India, Tiongkok, Rusia dan Amerika Serikat di peringkat pertama.

Ya, kekuatan militer Negeri Paman Sam masih paling menakutkan di dunia. Indeks kekuatannya juga semakin ganas, dari 0,1661 menjadi 0,0897.
Kalau dipersempit di zona Asia, TNI kini berada di peringkat kedelapan (turun dua peringkat) di bawah Rusia yang dimasukkan ke perankingan Asia, kemudian Tiongkok, India, Jepang, Turki, Korsel dan Pakistan.

Lalu bagaimana dengan kekuatan TNI di Asia Tenggara? Jelas TNI masih berada di atas militer negara tetangga seperti Vietnam (17 dunia), Thailand (20 dunia), Myanmar (33), Malaysia (34), Singapura (64), Kamboja (88) dan Laos (121).

Sumber JPNN

Posted on 22 April 2016, in Politik and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: