Pegawai Mulai Resah, Rasionalisasi PNS Akan Diberlakukan

image

Serambimata.com – Pemerintah melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) berencana merasionalisasi PNS. Kontan saja rencana yang akan diberlakukan dalam waktu dekat tersebut menimbulkan keresahan.  PNS‎ yang mendekati usia pensiun, maupun yang masih aktif mulai cemas.

“Iya, kami dapat info dalam waktu dekat di instansi kami akan ada yang dirasionalisasi. Kami resah sekali,” ujar salah satu pegawai yang bekerja di instansi pemerintahan yang berkantor di kawasan Jenderal Sudirman, Selasa (17/5).

Dia menyebutkan,‎ selama ini pembinaan dan pengawasan terhadap kinerja PNS agak lemah. Namun, tiba-tiba ada pegawai yang tidak menjalankan tugas dipensiunkan. Padahal selama ini orang tersebut dibiarkan tanpa diperhatikan apalagi pembinaan.

“Rasionalisasi bisa dilakukan kalau pembinaan sudah jalan. Kalau belum dibina tapi langsung dipensiunkan apa tidak manusiawi itu,” cetusnya.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi menegaskan, tahun ini akan diberlakukan rasionalisasi PNS. Sasarannya adalah PNS yang berkinerja buruk dan tidak punya kompetensi‎.

Yuddy bahkan menyebutkan, KemenPAN-RB menjadi role model penilaian rapid assessment dalam rangka rasionalisasi PNS. Dari 308 PNS KemenPAN-RB, sekitar 10 persen yang akan dipensiunkan dini.

“Bila ini berhasil, penilaian rapid ‎assessment akan diterapkan ke seluruh instansi baik pusat maupun daerah. Karena penilaiannya lebih sederhana dan tidak memakan waktu lama,” paparnya.

Sumber JPNN

Posted on 18 Mei 2016, in Ekonomi and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. diharap lebih bijak dan arif sesuai nurani pak mnteri

    Suka

  2. Bagus…selama ini banyak pns yang makan gaji buta…coba bapak lihat hueru honor swata yang ngajar di tka…wah ga digaji pemerintah dan dapat uang 500 rbu tp bisa m3ncerdaskqn ankak bangsa…

    Suka

  3. Pemerintah memang perlu pengkajian mendalam dan menyeluruh, transparan dan menyentuh semua semua tingkatan, adil dan jujur serta punya patokan yang memadahi terkait kinerja PNS, agar negara betul betul mempunyai aparat yang bermental pekerja, saya yakin banyak PNS yg kenerjanya baik, tapi tak bisa tutup mata banyak pula PNS yg hanya duduk menanti gajian sambil membicarakan atasanya semoga Indonesia selamat dari segala bentuk korupsi.!! Aamiin

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: