Unik, Sederhana dan Bersahaja, Masjid ini Hanya Terbuat dari Ranting Kayu dan Batu Seadanya

Serambimata.com – Tidak seperti kebanyakan Masjid yang berdiri kokoh dengan  bangunan bergaya dan berarsitektur tinggi,  Masjid yang satu ini hanya dibangun dari dahan dan ranting kayu seadanya ditambah dengan batu yang ditata di sekeliling masjid untuk menandai bahwa di tempat itu terdapat bangunan. 

Bagi yang sholat di Masjid tersebut jangan pernah berharap melihat ornamen indah dan kaliagrafi sebagaimana lazimnya masjid pada umumnya. Tidak ada beton apalagi lantai berbahan keramik, yang ada hanya hamparan tanah yang di atasnya terdapat alas seadanya. Yang membuatnya makin unik, di sisi masjid terdapat menara yang juga dibangun dari ranting kayu dan batu yang tersusun di bagian bawah sebagai penyanggah kayu. 
Masjid itu berada di Asaita, Danakil, Ethiopia, salah satu negara miskin di Afrika.  Keberadaan masjid unik dan sangat sederhana  ini membuat kita umat Islam tak ada alasan untuk tidak bersyukur karena bisa sholat di masjid yang layak, kokoh dan indah. 

Berikut foto-foto penampakan dikutip dari brilio.net yang dikumpulkan dari Ilmfeed, Rabu (12/10) :

Terletak di tengah lahan yang luas dan gersang, arsitekturnya dibangun dengan bahan kayu secara keseluruhan, tidak ada ornamen, daun pintu, ataupun hiasan kaligrafi.

Di sekelilingnya terdapat tumpukan batu untuk menandai bahwa ada bangunan di tempat ini. Kayu yang digunakan pun bukanlah kayu yang sudah melewati tahapan finishing, tetapi menggunakan kayu dari batang-batang pohon yang sudah kering.

Sebagai pelengkap juga terdapat bangunan seperti menara. Pondasinya terdiri dari tumpukan batu yang disusun sedemikan rupa, kemudian dindingnya juga terbuat dari ranting kayu.

Walau terlihat sangat sederhana dan bersahaja, namun masjid ini tetap tak kehilangan daya tarik eksotisnya

Masjid ini diperuntukan bagi para musafir yang kebetulan melintas di daerah tersebut dengan menggunakan unta

Posted on 13 Oktober 2016, in Agama and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: