Dua Shihab

KH. Abdul Muqsith Ghazali

Serambimata.com – Rasanya tak ada umat Islam Indonesia yang tak mengenal dua Shihab ini. Pertama, Muhammad Rizieq Shihab. Kedua, Muhammad Quraish Shihab. 

Antarkeduanya ada persamaan2, di samping banyak juga perbedaan2nya. Di antara persamaannya; dua2nya sama2 beretnis Arab. Sama-sama Shihab juga sehingga dua2nya dianggap sebagai keturunan Nabi SAW. Dua2nya pernah dituduh syiah. Bedanya, Shihab pertama pernah dituduh syiah lalu selesai. Sementara Shihab kedua pernah dituduh syiah lalu berlanjut hingga sekarang.

Bedanya, Shihab pertama “suka”, sekurangnya tak melarang orang lain menyebut dirinya “Habib”. Sementara, Shihab kedua “enggan” bahkan cenderung melarang orang lain memanggil dirinya sebagai “Habib”. 

Karena itu Shihab pertama populer dengan sebutan “Habib Rizieq”. Sementara Shihab kedua tersohor dengan panggilan “Pak Quraish”.

Dalam mendakwahkan Islam, jika Shihab pertama mengambil jalur “konfrontasi” dan menyerang, maka Shihab kedua menempuh cara dialog dan cenderung toleran. Sekiranya Shihab pertama suka teriak2 seperti Islam sedang berada dalam ancaman perang, maka Shihab kedua tampak kalem seperti hendak menunjukkan bahwa Islam selalu dalam kedamaian.

Shihab pertama tak banyak menulis buku. Sementara Shihab kedua menulis puluhan buku. Karyanya yang spektakuler tentu saja Tafsir al Misbah yang berjilid-jilid itu. Karena itu, jika Shihab pertama lebih banyak di lapangan, maka Shihab kedua lebih banyak di perpustakaan.

Dua Shihab ini memiliki massa pengikut dengan gaya dan tampilan seperti gaya dan tampilan dua Shihab itu. Kini, murid dan pengikut keduanya menyebar di mana-mana.

Oleh : KH. Abdul Moqsith Ghazali (Alumni Ponpes Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo, Dosen Tafsir Al Qur’an UIN Syarif Hidayatullah, Wakil Ketua LBM NU, Pengurus MUI Komisi Bidang Kerukunan Antar Umat Beragama)

Posted on 4 Januari 2017, in Sosial and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: