Iklan

Yang Istimewa dari Reuni Alumni Pada Haul Majemuk Pesantren Sukorejo Tahun ini

Acara Reuni Alumni tahun 2016

Serambimata.com – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Reuni Alumni tahum ini menjadi salah satu rangkaian acara yang paling ditunggu oleh ribuan Alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo. Acara yang digelar dalam rangka Haul Majemuk Pendiri dan Pengasuh Pesantren Sukorejo tersebut tidak hanya menjadi ajang temu kangen bagi para alumni seluruh nusantara, tapi juga menjadi kesempatan untuk bertemu, berdialog dan curhat langsung dengan Pengasuh Pesantren KHR Ahmad Azaim Ibrahimy. 

Sekretaris Pusat Ikatan Santri dan Alumni Salafiyah Syafiiyah Sukorejo (IKSASS), Sunardi Muhib menjelaskan tema reuni Alumni tahun 2017 adalah “Meneguhkan Keteladanan Kyai As’ad dan Aktualisasi Nilai-nilai Wasiatnya ; Aspek Pendidikan, Dakwah Lewat NU, Membangun Ekonomi Ummat”. Sunardi menambahkan, hal lain yg akan menjadi rumusan Reuni Alumni nanti adalah membangun semangat partisipasi untuk Pengembangan londok pesantren.

Reuni yang akan digelar selama dua hari, Senin hingga Selasa, 13 – 14 Februari 2017 tersebut akan diawali dengan pawai iring-iringan menuju Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo pada hari Senin (13/02/2016) pukul 13.00 wib. Dari arah barat berkumpul di lapangan Kapongan Situbondo, sedangkan dari arah timur berkumpul di lapangan Galekan Wonsorejo Banyuwangi dengan dikoordinir IKSASS Rayon masing-masing. 

Kedatangan para alumni akan dijemput langsung  oleh Pengasuh KHR Ahmad Azaim Ibrahimy, Pengurus Pusat IKSASS dan Pengurus Pesantren pada pukul 15.00 WIB di halaman SMK Ibrahimy Sukorejo. Setibanya di pesantren para alumni dapat menikmati nasi gulungan Kulluhum yg dijadwalkan pada pukul 16.30 WIB. 

Usai Istirahat sejenak, sholat dan makan (Ishoma), pada pukul 19.30 WIB para alumni bersama-sama membaca Ratibul Haddad, Yasin dan Tahlil, menyanyikan mars IKSASS dan Ngaji bersama dengan pengasuh yang direncanakan hingga pukul 21.45 WIB sebelum sesi penyampaian kisah keteladanan pendiri dan pengasuh pondok pesantren Sukorejo oleh alumni senior. 

Yang istimewa pada Reuni Alumni tahun ini adalah peluncuran program Playstore IKSASS Production yang berisi Rawatibul Haddad Sukorejo, Tanwirul Afkar, Azdkarul Yaumiyah, serta program zdikir dan bacaan lainnya yang menjadi amaliyah dan bacaan rutin di Pondok Pesantren yang sudah berusia lebih satu abad tersebut. 

Usai pluncuran program digital karya IKSASS tersebut,  acara dilanjutkan dengan dialog dan curhat langsung dengan Pengasuh Pesantren serta penyampaian rekomendasi dari seluruh IKSASS se Nusantara hingga tiba waktu istirahat jam 00.30 WIB. 

Kegiatan diteruskan dengan Sholat Malam, Ziarah Maqbarah, Sholat Subuh dan Istighatsah dari jam 03.00 hingga 05.00 WIB hingga tiba saatnya kembali istirahat, ngopi bareng dan sarapan pagi, sebelum akhirnya reuni alumni ditutup dengan acara silaturrahim pengurus rayon bersama Pengasuh dan Pengurus IKSASS pusat mulai pukul 07.00 hingga 10.30 WIB. 

Sedangkan acara Haul Majemuk para Almarhumin, Pendiri dan Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo akan digelar pada hari Selasa, 14 Februari 2017 pukul 12.30 WIB. Pada acara puncak tersebut tokoh yang direncanakan hadir sebagai penceramah adalah KH.Agus Ali Masyhuri, Pengasuh Pondok Pesantren Bumi Sholawat Tulangan Sidoarjo. 
Tema haul Majemuk tahun 2017 kali ini “Meneguhkan Ikatan Spritual”. Menurut Pengasuh Pondok Pesantren tema tersebut dipilih untuk untuk merajut kembali ruh atau spritual di dalam kehidupan dunia setelah disadari bahwa di alam ruh manusia terpilih untuk memilih komunitas, ada yang saling menguatkan, meneguhkan dan membangun kebersamaan.
“Bahwa sejak di alam ruh kita terpilih untuk memilih komunitas, ada yang saling menguatkan, meneguhkan, dan membangun kebersamaan. Maka, di dalam kehidupan dunia, kita merajut kembali hubungan ruh atau spiritual tersebut dalam bingkai berdzikir bersama”, Jelas Kyai Azaim terkait tema yang dipilih pada haul majemuk tahun ini. 

Iklan

Posted on 12 Februari 2017, in Sosial and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: