Iklan

Latihan Ibadah Khawas, Merindukan Ibadah Khowasul Khowas

KHR Ahmad Azaim Ibrahimy saat melaksanakan i’tikaf

Serambimata.com – Sholat, puasa, termasuk ibadah sunnah seperti i’tikaf adalah kewajiban dan ikhtiar tiap-tiap manusia untuk mencapai ridhoNya. Maka kualitas pelaksanaannya akan sangat menentukan tinggi-rendah tingkatan ibadahnya. Apakah masih katagori yang paling rendah (awam), istimewa (khawas) atau tingkatan tertinggi (Khawasil khawas). 

“Sholat yang hanya fasih bacaannya tanpa memahami maknanya, puasa yang hanya menahan lapar dan dahaga, serta i’tikaf yang hanya menghadirkan raga di Masjid sedangkan hati dan fikirannya kemana-kemana, itulah gambaran ibadahnya orang awam”, Papar KHR Ahmad Azaim Ibrahimy dihadapan ratusan Jamaah I’tikaf yang memenuhi Masjid Baiturrahman, Dawuhan Situbondo. 

“Kita sekarang sedang latihan beribadah pada tingkat di atasnya yakni ibadah khawas, yakni berusaha menyambungkan hati dan pikiran kepada Allah ketika sholat, puasa seluruh anggota tubuh untuk tidak bermaksiat dan mampu menghadirkan raga, hati dan fikiran hanya fokus kepada Allah ketika i’tikaf. 
Sedangkan tingkatan yang paling istimewa adalah ketika sepanjang hidup hanya habis waktunya untuk Allah dan selama itu pula hati tak pernah berhenti beri’tikaf karena hati senantiasa tersambung dengan Allah. Tingkatan ini kita memang belum mampu melakukannya tapi kita merindukannya”, kali ini pesan Kiai Azaim begitu dalam dan menyentuh. 

Sementara itu, Bapak Kapolres Situbondo, AKBP Sigit Dany Setiyono, menyampaikan apresiasi dan dukunganya atas kegiatan Safari i’tikaf dan Sholat Tasbih yang diselenggarakan DMI Situbondo bekerja sama dengan Kepolisian RI. Untuk itu ia berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan tidak hanya di bulan Ramadhan tapi juga di luar bulan Ramadhan. Ia meyakini kegiatan seperti ini tidak hanya baik dan mulia tapi juga sangat penting dalam menciptakan Situbondo yang aman dan damai.

Kapolres Situbondo, AKBP Sigit Dany Setiyono

——————-

Catatan pelaksanaan Safari I’tikaf dan Sholat Tasbih kerjasama DM I- Polres Situbondo, di Masjid Baiturrahman, Lingkungan Dawuhan Parse, 19 Juni 2017 M/24 Ramadhan 1438 H

Iklan

Posted on 3 Juli 2017, in Agama and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: