Iklan

Hasil Survei Ungkap Siapa-siapa yang Sengaja Mainkan Isu PKI

(Foto: nasional.sindonews.com)

Serambimata.com – Ada aroma yang begitu kuat dan kental terendus bahwa isu kebangkitan PKI sengaja dibesar-besar untuk sebuah agenda politik tertentu yang dilakukan oleh kelompok tertentu pula. Bahkan disebutkan sudah ada 60 juta PKI yang siap mengkudeta tanpa sedikitpun dilampiri data. Aroma itu menyebar secara massif di sosial media bagai hantu yang ahli melakukan propaganda. 

Ragam pertanyaan muncul karena rasa penasaran akan kebenaran kabar yang menyebutkan bahwa PKI bangkit seperti hantu gentayagangan. Ada yang tidak percaya tapi ada pula yang meyakininya laksana sabda, sampai-sampai dihukumi sama dengan PKI bagi yang membantahnya. Hingga akhirnya ada lembaga survei yang mencari tahu kebenarannya,  apakah memang ada atau hanyalan kebohongan belaka. Atau jangan-jangan memang benar, ada pihak-pihak yang sengaja mempermainkannya. 

Adalah Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang‎ ‎belum lama ini menggelar survei tentang isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI). Dari survei yang dilakukan pada 3-10 September terhadap 1.220 responden itu terungkap bahwa mayoritas tak percaya pada isu kebangkitan PKI. Hanya 5,4 persen saja yang menganggap kondisi saat ini kurang aman. Sedangkan 0,1 persen responden menilai kondisi saat ini tidak aman sekali. Sisanya 76,5 persen responden menilai kondisi saat ini cukup aman dari ancaman kekuatan tertentu. Bahkan, 12,3 persen responden menyebut kondisi saat ini sangat aman.

Sementara soal isu tentang ancaman kebangkitan PKI, ternyata mayoritas responden tak percaya. Ada 86,8 persen responden yang tidak setuju dengan isu itu. Hanya 12,6 persen responden yang setuju dengan isu itu. 

Namun, survei SMRC itu juga menunjukkan hasil menarik. Mayoritas pihak yang setuju terhadap isu tentang kebangkitan PKI adalah pendukung Prabowo Subianto ataupun pemilih Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Dari  4,4 persen responden yang menyatakan massa pemilih PKS , 37 persen di antaranya mengaku setuju dengan anggapan tentang kebangkitan PKI. Dari angka itu, 58 persen di antaranya menilai isu kebangkitan PKI telah menjadi ancaman. Namun mayoritas massa pemilih PKS atau sekitar 63 persen tetap menyatakan tidak setuju.

Kemudian dari 10,2 persen responden yang menyatakan pemilih Partai Gerindra, sebanyak 20 persen menyatakan setuju dengan isu tentang kebangkitan PKI. Sementara 80 persen lainnya menyatakan tidak setuju.

Selain itu, opini tentang adanya kebangkitan PKI lebih banyak terdapat pada pemilih Prabowo. Dari 46,85 persen responden yang memilih Prabowo-Hatta Rajasa pada Pemilihan Presiden 2014 lalu, sebanyak 19 persen setuju dengan isu kebangkitan PKI. Sedangkan ada 81 persen lainnya menyatakan tidak setuju.

Sementara dari 53,15 persen responden yang memilih Jokowi-Jusuf Kalla pada Pilpres 2014 lalu, hanya 10 persen yang setuju sedang terjadi kebangkitan PKI. Sementara 89 persen di antaranya menyatakan tak setuju.

Bahkan, SMRC juga menyodorkan kesimpulan menarik tentang opini mengenai kebangkitan PKI. Merujuk survei itu, opini kebangkitan PKI memang dimobilisasi kekuatan politik tertentu, mesin politik PKS dsn Gerindra, bukan secara alamiah.

Tidak hanya itu SMRC juga melakukan survei untuk melihat pendapat masyarakat tentang tuduhan Presiden Joko Widodo terkait dengan Partai Komunis Indonesia (PKI). ‎

Hasilnya, masih ada responden yang mempercayai hal tersebut, meski persentasenya sangat kecil, yakni 5,1 persen. Sementara mayoritas responden menyatakan tidak setuju dengan isu mengaitkan Presiden Joko Widodo dengan PKI, yakni mencapai 75,1 persen. Sedangkan 19,9 persen lainnya menyatakan tidak tahu.

Dari berbagai sumber

Iklan

Posted on 30 September 2017, in Politik and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: