Iklan

Mengenal Sosok Kiai Qosim, Ulama yang Dicium Tangannya Oleh Jokowi pada HUT TNI

Presiden Jokowi saat mencium tangan Mbah Qosim


​Serambimata.com – Ada pemandangan menarik pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 di Cilegon, Banten, Kamis (5/10/2017) lalu. Presiden RI, Joko Widodo dengan penuh hormat mencium tangan seorang pria sepuh yang hadir pada peringatan tersebut beberapa saat setelah memberikan potongan tumpeng ulang tahun TNI kepada tiga orang yang berjasa pada perjuangan bangsa pilihan TNI.

Belakangan diketahui pria sepuh itu adalah KH. Sholeh Qosim, seorang vetaran yang juga ulama NU. Sosok yang akrab dipanggil Qosim atau mbah Qosim  tersebut pernah tercatat sebagai anggota Laskar Sabilillah Pimpinan KH. Masykur yang turut berperang pada pertempuran 10 November 1945.

Kiai Qosim lahir di Sidoarjo pada tahun 1930. Pengasuh Pondok Pesantren Bahauddin Al-Islami, Sidoarjo itu ikut mengangkat senjata menjadi anggota laskar Hizbullah tahun 1943 pimpinan KH Masykur dalam perang merebut kemerdekaan. 

Meski usianya sudah 87 tahun, Kiai Qosim masih aktif berdakwah. Sesepuh NU Sidoarjo ini masih sering berceramah dalam berbagai pengajian dengan bahasa Jawa halus maupun bahasa Indonesia. Suaranya masih begitu jelas dan tegas. Bahkan terkait Laskar Hizbullah, Kiai Qosim masih hafal mars laskar tersebut, . Mars yang dapat membangkitkan semangat juang pasukan Barisan Hizbullah dan Laskar Sabilillah di jaman revolusi kemerdekaan.

“Yaa lal wathon, yaa lal wathon
hubbul wathon minal iiman
walaa takun minal hirman
inhadlu ‘alal wathon
Indonesia biladi
anta ‘unwanul fakhoma
kullu mayya’tika yauma
thomihayyalqo himama”.

Tak bisa dipungkiri, Barisan Hizbullah dan Laskar Sabilillah adalah milisi santri yang begitu hebat. Sangat ditakuti Belanda dan Jepang karena keberaniannya. Keberanian yang dilambari dengan hasil tirakat dibawah bimbingan para ulama auliya.

KH. Sholeh Qosim adalah salah-satu dari semakin sedikitnya ulama sepuh pejuang NKRI. Semoga Allah senantiasa menganugerahkan kesehatan dan umur panjangan kepadanya. 
Dari berbagai sumber

Iklan

Posted on 7 Oktober 2017, in Politik and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: