Iklan

Kopi Instan dan Bahayanya Bagi Kesehatan

(foto: makassar.tribunnews.com)


Serambimata.com – Siapa yang tak suka kopi? Hampir semua pria bahkan wanita menggandrungi minuman yang satu ini, bahkan semua tingkatan usia menyukainya. Apalagi untuk mendapatkannya tak perlu susah-susah mengolahnya atau merogoh kocek dalam-dalam karena di mana-mana sudah tersedia kopi instan dengan harga yang sangat terjangkau.

Dikutip dari klikdokter.com meskipun banyak penelitian mengungkapkan, bahwa konsumsi kopi pada dosis yang tepat tidak membahayakan kesehatan, bahkan dapat mencegah penyakit jantung, meredakan stres dan membuat tubuh lebih bugar. Namun, ini tidak berlaku untuk konsumsi kopi instan. Sebab, bahaya dalam kopi instan justru dapat merusak tubuh Anda.

Kopi instan yang banyak beredar di pasaran pada umumnya tidak sepenuhnya mengandung biji kopi asli. Kopi jenis ini hanya menggunakan perasa kopi dan pemanis buatan, sehingga dapat dijual dengan harga yang sangat murah. Kopi yang segar, sehat dan berasal dari biji yang berkualitas tidak mungkin dibanderol dengan harga murah.

Beberapa pakar kesehatan mengungkapkan bahwa kebiasaan mengonsumsi kopi instan memiliki dampak yang berbahaya karena kandungan yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah bahaya yang mengancam kesehatan apabila Anda rutin mengonsumsi kopi instan.

1. Meningkatkan risiko hipertensi

Konsumsi kopi instan dapat meningkatkan risiko hipertensi. Sebab, kandungan krimer nabati dalam segelas kopi tidak dapat dicerna dengan sempurna oleh tubuh, sehingga membahayakan kesehatan dalam jangka panjang. Jika dikonsumsi setiap hari bisa mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.

2. Memicu kanker


Meski masih menjadi polemik di kalangan peneliti bahwa kopi instan dapat menyebabkan penyakit kanker, ada satu kandungan yang jika dikonsumsi terlalu sering akan menimbulkan kanker, yakni gula dan minyak nabati. Jika kedua kandungan tersebut digabungkan menjadi satu dan dicampur dengan bahan kimia tertentu, maka dapat memicu timbulnya kanker.

3. Meningkatkan risiko diabetes

Penyakit ini tak dapat dihindari bila Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi kopi instan. Memang kopi instan memiliki kafein yang Anda butuhkan, namun kopi yang terkandung di dalamnya hanyalah perasa kopi, bukan biji kopi asli.

Kopi instan mengandung gula atau pemanis buatan yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena diabetes. Jika terpaksa mengonsumsi kopi instan, sebaiknya diimbangi dengan konsumsi air putih lebih banyak.

4. Meningkatkan kolesterol jahat



Efek samping dari minum kopi instan setiap hari salah satunya adalah meningkatnya kadar kolesterol jahat. Hal ini disebabkan oleh krimer yang terkandung di dalam kopi instan. Kandungan krimer membuat kolesterol tubuh susah dicerna, sehingga membuat kandungan kolesterol menumpuk dan semakin tinggi.

5. Memicu penyakit jantung



Kandungan kafein dalam kopi instan adalah kafein buatan. Jika dikonsumsi berlebihan, hormon dopamin pada tubuh akan meningkat, yang pada akhirnya mengganggu kesehatan jantung. Beberapa gangguan kesehatan lain juga bisa muncul karena kandungan kafein di dalam tubuh yang terlalu tinggi.

Itulah beberapa dampak yang ditimbulkan apabila Anda rutin mengonsumsi kopi instan. Agar terhindar dari bahaya kopi instan seperti penyakit-penyakit di atas, minumlah kopi yang berasal dari biji kopi asli. Jadi, masih mau minum kopi instan?

Sumber: Klikdokter.com

Iklan

Posted on 11 Oktober 2017, in Kesehatan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: