Iklan

Pesantren Sukorejo Tetap Gelar Maulid Hari Jumat, 12 Rabi’ul Awal 1439 H

Serambimata.com – Isu tentang penundaan pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo beredar luas di Masyarakat. Sehingga tak sedikit para alumni dan masyarakat simpatisan Pesantren yang kini diasuh KHR Ahmad Azaim Ibrahimy itu yang mempertanyakan  kebenaran kabar tersebut. 

Menanggapi isu yang terlanjur beredar luas tersebut, ketua panitia pelaksana Maulid, ustadz Karsono, MH.I menyampaikan bahwa Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1439 H di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo,  tetap dilaksanakan sebagaimana biasa yaitu pada Kamis malam Jum’at, 12 Rabiul Awal 1434 H atau 30 Nopember 20017 dan pada pagi harinya, 1 Desember 2017.

“Jadi informasi di masyarakat yang mengatakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diundur hari Sabtu, tidak benar,” tegas Ustadz Karsono, MHI, dikutip dari laman sukorejo.com. 

Karsono membenarkan isu yang  berkembang di beberapa daerah bahwa peringatan Maulid Nabi di Pondok Sukorejo diundur hari Sabtu bukan hari Jum’at. Menurutnya isu tersebut tidak benar alias hoax karena pesantren yang memiliki belasan ribu santri itu telah mentradisikan peringatan Maulid Nabi dilaksanakan pada malam tgl 12 Rabiul Awal dan pada pagi harinya. “Jadi yang menjadi acuan tanggal hijriyahnya bukan harinya,” tuturnya.

Yang mengalami perubahan hanya jam pelaksanaannya, yakni dimajukan lebih pagi, dimulai pukul 07.00 wib. Hal itu dilakukan karena pelaksanaan Maulid kali ini  bertepatan dengan hari Jum’at. Tempat pelaksanaan acara rutin tahunan tersebut juga tetap digelar di  depan Kantor Pusat Pondok pesantren Sukorejo. 

Sebagaimana jadwal yang  telah beredar luas, acara peringatan Maulid Nabi di Pondok Pesantren Sukorejo  diawali dengan acara Silaturrahim Pengasuh Pesantren dengan wali santri yang akan digelar pada Kamis Siang, pukul 13.00 WIB. Acara yang berlangsung di Aula putra tersebut akan diisi dengan Tanya jawab dan dialog dengan pengasuh seputar perkembangan pesantren 

Pada malam harinya, sebagaimana biasa peringatan Maulid dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Aula putra dengan penceramah KH. Jaiz Badri Masduqi dari Situbondo dan  KH. Hasan Syadili dari Probolinggo di pesantren putri. 

Sedangkan Acara Peringatan Maulid untuk umum dilaksanakan pada pagi harinya, Jumat, 1 Desember 2017, pukul 07.00 wib di halaman kantor pesantren pusat. Acara tersebut sekaligus sebagai acara pamungkas dari seluruh rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Salafiyah Sukorejo. 

Sumber sukorejo.com

Iklan

Posted on 28 November 2017, in Agama and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: