Iklan

Kementrian Agama Rilis 200 Daftar Muballigh Rekomended, Ini Kreterianya

Serambimata.com – Akhirnya Kementerian Agama RI merilis 200 daftar nama Muballigh direkomendasikan dapat mengisi kegiatan kegamaan secara berkualitas terutama di bulan Ramadhan. Nama-nama tersebut dirilis untuk merespon permintaan masyarakat yang menginginkan agar kementerian Agama mengeluarkan nama-nama muballigh yang memenuhi kreteria.

“Selama ini, Kementerian Agama sering dimintai rekomendasi mubalig oleh masyarakat. Belakangan, permintaan itu semakin meningkat, sehingga kami merasa perlu untuk merilis daftar nama muballigh,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin seperti dikutip dari lama resmi kemenag.go.id , Jumat (18/5).

Menurut Menteri Agama, muballigh yang bisa masuk dalam 200 daftar rekomendasi Kemenag tidak sembarangan. Mereka harus memenuhi tiga syarat, yakni mempunyai kompetensi keilmuan agama yang mumpuni, reputasi yang baik, dan berkomitmen kebangsaan yang tinggi.

Daftar nama tersebut merupakan rilis awal yang dihimpun dari masukan tokoh agama, ormas keagamaan, dan tokoh masyarakat. Jumlah daftar ini tentu akan terus bertambah seiring masukan dari berbagai pihak dan akan di-update secara resmi.

Kendati begitu, tidak berarti para Muballigh yang tidak masuk di dalam 200 daftar tersebut tidak memenuhi kreteria. Hal itu terjadi mungkin karena belum ada usulan atau permintaan dari masyarakat. Karenanya, Menteri Agama berjanji akan terus mengupdate data secara resmi karena menurutnya data tersebut bersifat dinamis.

Yang menarik, dari Kabupaten Situbondo, Jawa Timur muncul nama Kiai muda, Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo, KHR Ahmad Azaim Ibrahimy, serta seorang Kiai muda lulusan pesantren yang diasuhnya KH. Dr. Abdul Muqsith Ghazali.

Selanjutnya, masyarakat bisa mengetahui informasi tentang muballigh yang direkomendasikan Kemenag melalui nomor WhatsApp 0811-8497-492.

Berikut daftar 200 Muballigh yang direkomendasikan Kemenag :

umber: kemenag.go.id

Iklan

About serambimata

Terus menulis

Posted on 19 Mei 2018, in Politik and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: