Iklan

I’tikaf, Sholat Tasbih dan Solusi Bagi Persoalan Bangsa

Serambimata.com – Berulang-ulang penasihat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Situbondo, KHR Ahmad Azaim Ibrahimy menjelaskan tentang pentingnya i’tikaf dan sholat tasbih untuk kebaikan masyarakat dan bangsa Indonesia. Bahkan hal itu ia sampaikan di hampir setiap kesempatan pelaksanaan safari i’tikaf dan Sholat Tasbih di empat masjid yang sudah digelar program rutin oleh DMI dan Polres Situbondo.

”I’tikaf dan Sholat tasbih adalah dua ibadah yang berbeda, i’tikaf harus dilakukan dengan tata cara dan tempat khusus sedangkan sholat tasbih boleh dilaksanakan di mana saja, di masjid, musholla atau dirumah”, Kiai Azaim mengawali penjelasannya di Masjid Al Mukarromah, PP Nurul Hikam, Kesambirampak Kapongan, Sabtu (19/05 Mei 2018.

Lebih dari itu, dua kegiatan ibadah tersebut juga dapat menjadi solusi dalam mengatasi berbagai persoalan bangsa termasuk dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat.

“Tujuan pelaksanaan i’tikaf dan sholat tasbih sangat bersinergi dengan visi dan misi kepolisian dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat. Ketika masyarakat berkumpul di suatu tempat dalam kegiatan positif lebih-lebih ibadah, maka akan semakin kecil peluang terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di tengah masyarakat”, papar kiai Azaim di hadapan Kapolres Situbondo yang hadir saat itu.

Di tempat terpisah Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Sukorejo itu juga selalu mengingatkan tentang keistimewaan ibadah i’tikaf dan sholat tasbih.

”Ternyata ibadah tak hanya terbatas pada gerakan badan, hati bahkan pikiran, diam pun juga bisa menjadi ibadah. Diam yang dilakukan di dalam masjid dengan cara fokus dan berpasrah hanya kepada Allah swt, diam itu yang disebut i’tikaf”, jelasnya ketika beliau hadir di masjid Al Arofah, perum Ayuban, Mimbaan Panji, Sabtu (02/06/2018).

Kiai Azaim juga tak bosan menghimbau agar Sholat Tasbih menjadi ibadah sunnah yang makin dikenal dan banyak diamalkan sebagaimana sholat sunnah lainnya mengingat penting dan besarnya hikmah serta manfaat Sholat Tasbih.

“Dalil disunnahkannya Sholat Tasbih adalah hadist shohih yang diriwayatkan Abu Daud yang diterimanya dari sahabat Ikrimah, bahwa Sholat Tasbih adalah sholat yang spesial dihadiahka dan dianjurkan Rasulullah SAW kepada pamannya Ibnu Abbas agar melaksanakannya meskipun hanya sekali seumur hidup. Ini menunjukkan akan sangat pentingnya Sholat Tasbih bagi kebaikan hidup seseorang bahkan bagi suatu bangsa”, paparnya.

Hingga hari ini, Safari I’tikaf dan sholat tasbih sudah dilaksanakan di empat masjid. DMI bersama Polres Situbondo akan terus menggelar kegiatan tersebut di beberapa masjid di Situbondo hingga akhir Ramadhan. Untuk malam nanti, malam 21 Ramadhan 2439 H, i’tikaf dan Sholat Tasbih akan dilaksanakan di Masjid Jamik Sukorejo (hans).

Iklan

About serambimata

Terus menulis

Posted on 5 Juni 2018, in Agama and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: