Iklan

Satu lagi Lembaga Survei Terbaru Ungkap Jokowi-Kiai Ma’ruf Amin Lebih Unggul

Serambimata.com – Satu lagi sebuah lembaga survei yang melalukan jajak pendapat untuk menentukan siapa yang lebih unggul antara pasangan capres cawapres Joko Widodo – Kiai Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. Survei ini merupakan survei kali kedua pasca diresmikannya pasangan capres cawapres setelah survei LSI Danny JA.

Adalah Lembaga survei Y-Publica yang merilis hasil survei terhadap elektabilitas capres dan cawapres di Pilpres 2019. Hasilnya pasangan Joko Widodo- Ma’ruf Amin lebih unggul dibandingkan pasangan Prabowo Subianto -Sandiaga Uno .

Survei dilakukan pada 13-23 Agustus 2018 dengan 1.200 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of eror (MoE) 2,98 persen, mewakili 34 provinsi di Indonesia.

Survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan responden terpilih menggunakan kuisioner dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf mendapat suara 52,7 persen, sementara elektabikitas Prabowo-Sandi sebesar 28,6 persen. Ini hampir dua kali lipat,” kata Direktur Eksekutif Y-Publica, Rudi Hartono, di Bakoel Koffie, Jl. Cikini Raya, Jakarta Pusat, Senin (3/9/2018).

Baca juga: Demo Jokowi Mundur, Emak-Emak Militan: Kami Bukan Cheerleader!
Untuk elektabilitas Capres sendiri, Presiden Joko Widodo juga jauh mengungguli Prabowo Subianto. Jokowi memperoleh 53,9 persen, Prabowo 28,8 persen.

“Khusus elektabilitas capres, Joko Widodo masih unggul dengan memperoleh 53,9 persen. Sedangkan Prabowo Subianto hanya mendapat 28,8 persen. Sisanya 17,3 persen memutuskan tidak menjawab,” imbuh dia.

Sementara itu, mengenai elektabilitas cawapres, KH Ma’ruf Amin memperoleh suara yang beda tipis dengan Sandiaga, meskipun tetap saja Ma’ruf lebih unggul dibanding Sandiaga.

“Ketika ditanya ‘jika pemilu presiden digelar hari ini, siapa di antara dua calon wakil presiden yang akan dipilih sebagai wakil presiden?’ Perolehan KH Ma’ruf Amin dan Sandiaga beda tipis. Kyai Ma’ruf medapat 40,6 persen sementara Sandiaga mendapat 36,8 persen, yang belum menjawab ada 22,6 persen,” tutur dia.

Sebelumnya, Lingkaran Survei Indikator (LSI) Denny JA mengungkapkan, pasangan Jokowi-Ma’ruf telah mencapai magic number di atas 50 persen. Pasangan tersebut dipilih oleh 52,2 persen responden. Sedangkan elektabilitas Prabowo-Sandiaga 29,5 Persen. Adapun responden yang tidak menjawab mencapai 18,3 persen.

Dari enam kantong pemilih yang dianggap penting, Jokowi-Ma’ruf Amin unggul di lima kantong pemilih.
Sementara Prabowo-Sandiaga Uno hanya unggul di satu kantong pemilih.

Jokowi-Ma’ruf unggul pada pemilih Muslim, pemilih non-Muslim, masyarakat ekonomi rendah, perempuan, dan milenial.
Sementara itu, Prabowo-Sandiaga Uno hanya unggul di kantong pemilih kaum terpelajar.

Survei LSI Denny JA dilakukan pada 12-19 Agustus 2018. Metode yang digunakan multistage random sampling di 34 provinsi.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner kepada responden sebanyak 1.200 orang. Adapun margin of error survei LSI Denny JA tersebut 2,9 persen.

(Data survei Y-Publica diperoleh dari detik.com)

Iklan

About serambimata

Terus menulis

Posted on 5 September 2018, in Politik and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: