Iklan

Gandeng Pegadaian Syari’ah, Muhibah Umat Bagikan Vacum Cleaner untuk Masjid-Masjid

Penyerahan bantuan vacum cleaner kepada Ta’mir Masjid Al Iman, dusun Pesisir, Mlandingan Kulon

Serambimata.com – Ada suasana haru dan bahagia yang tampak dirasakan oleh para pengurus ta’mir Masjid di dusun Gudang dan Pesisir, desa Mlandingan Kulon, Kecamatan Mlandingan, Situbondo. Di tiga masjid yang disinggahi peserta Muhibah Umat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Situbondo itu, selain ditempati berbagai kegiatan seperti khotmil Qur’an, pembinaan kemasjidan, penyuluhan, bersih-bersih masjid, khitanan massal, pengobatan gratis dan santunan kepada kaum dhu’afa’, ta’mir masjid juga menerima beberapa bingkisan dari berbagai pihak yang mendukung dan bekerja sama dengan DMI Situbondo.

Dalam kegiatan Muhibah umat yang dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Ahad (15-16/09/2018) tersebut, selain pemberian cindera mata berupa seperangkat alat sholat dari Polres Situbondo dan Dandim 0823, masing-masing masjid juga mendapatkan mesin pembersih karpet (Vacum Cleaner) dari Pegadaian Syari’ah melalui PT. Radio Bhasa FM. Tak ketinggalan, penasihat DMI Situbondo, KHR Ahmad Azaim Ibrahimy juga memberikan cindera mata berupa sejumlah peralatan kebersihan. Masjid-masjid tersebut yaitu, Masjid Nurul Yaqin, At Taqwa dan Al Iman.

“Saya senang mendapat bantuan peralatan-peralatan ini yang sangat dibutuhkan di Masjid kami. Apalagi masjid kami dibantu kebersihannya bahkan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat”, kata ketua ta’mir Masjid Nurul Yaqin, dusun Gudang, Mlandingan Kulon.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada acara Muhibah Umat disambut antusias oleh masyarakat. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain, pembinaan kemasjidan oleh DMI Situbondo, penyuluhan kamtibmas oleh Polres Situbondo, penyuluhan wawasan kebangsaan oleh TNI, khotmil Qur’an oleh Ikatan Jamiyatul Qurra’ wal Huffadz dan Ratibul Haddad (IJTIHAD), sholat berjamaah, bersih-bersih masjid oleh Pasukan Khusus Bersih-bersih Masjid (Paskhamas) Al Ghewari dan Santri Patriot Bangsa (Satria), khitanan massal gratis oleh Dinas Kesehatan Situbondo, qiyamul lail, kuliah subuh, sholat dhuha berjamaah, Pengobatan massal dengan terapi bacaan ayat Al Qur’an (ruqyah) gratis oleh JRA-LKP Situbondo, pengobatan bekam gratis oleh tenaga ahli santri Sukorejo, silaturrahim ke rumah-rumah penduduk dan tokoh masyarakat, bantuan sembako dari Persatuan Tionghua Situbondo, serta pemberian santunan kepada kaum dhu’afa’ oleh penasihat DMI KHR Ahmad Azaim Ibrahimy.

Pegadaian Syari’ah sebagai mitra baru di kegiatan yang hampir setiap bulan dilaksanakan di tempat yang berbeda itu tidak hanya menyumbangkan vacum cleaner untuk tiga masjid di desa Mlandingan Kulon, tapi juga memberikan hadiah bingkisan berupa 20 baju muslim kepada peserta khitanan massal gratis dari 40 peserta yang terdaftar. Sisanya, dari Polres Situbondo, Bapak camat kecamatan Mlandingan dan Kepala Desa Mlandingan Kulon.

Seperti Muhibah Umat sebelumnya, kegiatan dakwah dan sosial yang digagas oleh DMI Situbondo itu juga menggelar pengajian akbar bertajuk Mlandingan Bersholawat bersama-sama Jam’iyah Sholawat Bhenning asuhan KHR Ahmad Azaim Ibrahimy, Sabtu (15/09/2018). Untuk acara yang satu ini digagas oleh IKSASS Sub Rayon Mlandingan dan Bungatan dengan menggandeng DMI Situbondo. Pengajian yang dimulai usai sholat Isya’ hingga pukul 24.00 wib tersebut dipusatkan di lapangan Mlandingan dengan dihadiri ribuan Bhenning Mania dari berbagai penjuru kota bahkan dari luar daerah.

Yang selalu menarik dan meninggalkan kesan yang begitu dalam di hati masyarakat adalah acara Silaturahim dengan mengunjungi rumah-rumah penduduk dan tokoh masyarakat yang dilaksanakan di pagi hari, usai kuliah Subuh. Pada kegiatan tersebut peserta Muhibah Umat bersama KHR Ahmad Azaim Ibrahimy dan ketua DMI Situbondo, KHR Abdullah Faqih Gufron dapat melihat langsung kondisi masyarakat sambil menyempatkan untuk serap informasi seputar persoalan sosial keagamaan yang terjadi di Masyarakat.

“Tak nemmo bunten kegiatan engak nika, buru samangken, kauleh pas engak ka perjuangan para ulama’ jeman lambek delem adakwah (Tidak menemukan kegiatan seperti ini, baru sekarang, ini mengingatkan saya pada perjuangan ulama terdahulu dalam berdakwah)”, kata salah seorang guru ngaji yang Mushollanya didatangi Kiai Azaim dan peserta Muhibah Umat.

Desa Mlandingan Kulon, kecamatan Mlandingan kali ini dipilih sebagai lokasi Muhibah Umat II (Tahap 5) setelah sebelumnya sukses diselenggarakan di empat tempat yang berbeda. Di desa tersebut, kegiatan dipusatkan di tiga masjid, lapangan, musholla dan fasilitas umum lainnya.

Berbeda dengan Muhibah Umat I yang dilaksanakan di daerah-daerah terpencil atau pedalaman yang ada di hampir seluruh kecamatan se kabupaten Situbondo, Muhibah Umat II memilih lokasi di desa maupun di perkotaan yang dipandang perlu untuk medapatkan lebih banyak sentuhan melalui kegiatan dakwah dan sosial.

Berikut foto-foto eksklusif kegiatan Muhibah Umat II (tahap 5) :

Upacara pelepasan peserta Muhibah Umat II (tahap 5) oleh Wakapolres Situbondo

Acara penyambutan peserta Muhibah Umat oleh pengurus ta’mir masjid dan masyarakat dusun Gudang, Mlandingan Kulon

Bapak Camat Mlandingan ikut memegang peserta khitanan massal di masjid Attaqwa, dusun Pesisir, Mlandingan Kulon

Penyerahan cindera mata berupa perangkat alat sholat oleh Kasatbinmas Polres Situbondo kepada pengurus Ta’mir Masjid

Penyerahan cindera mata berupa seperangkat alat sholat oleh Danramil Mlandingan kepasa pengurus Ta’mir Masjid

Penyerahan bantuan peralatan kebersihan dari penasihan DMI Situbondo, KHR Ahmad Azaim Ibrahimy kepada pengurus ta’mir masjid

Pengobatan dengan terapi bacaan Al Qur’an (ruqyah) oleh JRA-LKP Situbondo

Pengobatan bekam oleh tenaga ahli bekam santri pesantren Sukorejo

Para petugas medis khitanan massal dari Dinas Kesehatan Kab. Situbondo bersama panitia Muhibah Umat

Penyerahan bantuan sembako dari Persatuan Tiongha Situbondo kepada perwakilan masyarakat/panitia lokal

Santri Patriot Bangsa (SATRIA) Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo

Pasukan Khusus Bersih-bersih Masjid (Paskhamas) sedang membersihkan tempat Wudhu’

Pengajian Mlandingan Bersholawat bersama Jamiyah Sholawat Bhenning kerjasama IKSASS sub rayon Bungatan – Mlandingan dan DMI Situbondo

Kuliah subuh oleh KHR Ahmad Azaim Ibrahimy

Peserta Muhibah Umat bersama KHR Ahmad Azaim Ibrahimy dan KHR Abdullah Faqih Gufron berjalan kaki ke rumah-rumah penduduk/tokoh masyarakat

Di Musholla milih salah satu guru ngaji yang dikunjungi peserta Muhibah Umat

Penyerahan santuna kepada kaum dhu’afa’ oleh KHR Ahmad Azaim Ibrahimy

Anggota khotmil Qur’an Ijtihad

Penutupan Muhibah Umat II (tahap 5)

Iklan

About serambimata

Terus menulis

Posted on 17 September 2018, in Agama, Sosial and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: