Iklan

Ketika Nabi Melarang Sahabatnya Menghardik Arab Badui yang Kencing di Masjid

Serambimata.com – Video viral tentang seorang wanita yang masuk ke masjid tanpa melepas alas kaki sambil membawa anjing dengan alasan mencari suaminya yang diduga dinikahkan di masjid tersebut, mengingatkan pada peristiwa serupa yang terjadi pada masa Rasulullah SAW.

Saat itu, ketika Nabi dan para sahabatnya sedang duduk di suatu masjid tiba-tiba dikejutkan oleh seorang asing yang bertingkah kurang menyenangkan. Orang itu yang diketahui seorang Arab Badui yang mendadak kencing di pojok masjid.

Apakah Rasulullah marah atas kejadian tersebut? Di luar dugaan Rasulullah SAW ternyata bersikap tenang bahkan melarang para sahabat yang sudah terlanjur mengeluarkan kata-kata keras kepada orang Arab Badui itu. Tidak hanya itu, Rasulullah justru membiarkan si Badui menuntas air kencingnya. Usai kencing, Nabi lantas memberi nasihat bijak kepada si Badui tentang fungsi dan etika memperlakukan masjid.

Rupanya akhlak terpuji Rasulullah SAW tidak hanya sampai di situ, Nabi bahkan menyuruh para sahabatnqya memgambil air dan memintanya untuk menyiram air kencing si Badui tersebut. Rasulullah SAW berpesan :

فانما بعثتم ميسرين ولم تبعثوا معسرين (رواه البخاري)

“Sesungguhnya kalian diutus untuk memberi kemudahan dan tidak diutus untuk membuat kesulitan”.

Kita sebagai umat Islam yang beriman tentu marah dan mengecam tindakan perempuan yang sama sekali tak menghargai masjid sebagai rumah Allah yang dimuliakan, apapun alasannya. Tapi bila kita meneladani Rasulullah, tak perlu kiranya bersikap terlalu reaktif dan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak berwajib yang saat ini tengah menanganinya dengan seadil-adilnya. Kerukunan umat beragama dan keutuhan kehidupan berbangsa jauh lebih penting daripada bersikap berlebihan atas ulah oknum umat beragama itu.

Dengan ketinggian akhlaknya, Rasulullah telah mencontohkan bahwa dalam situasi yang ganjil dan dipandang penghinaan sekalipun, Nabi tetap menampilkan sisi ketawadhu’an, berpandangan jernih, dan memecahkan persoalan dengan tanpa memberatkan.

Wallahu a’lam.

عن أبي هريرة قال: بال أعرابي في المسجد، فقام الناس إليه ليقعوا فيه، فقال النبيﷺ: دعوه، وأريقوا على بوله سَجْلاً من ماء، أو ذَنوباً من ماءِ، فإنما بعثتم ميسرين ولم تبعثوا معسرين، رواه البخاري.

Iklan

About serambimata

Terus menulis

Posted on 1 Juli 2019, in Agama and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: