GP Ansor Arjasa Adakan Kegiatan Sholat Jumat Bersama di Masjid Minim Jama’ah

Serambimata.com – Pengurus ranting Gerakan Pemuda Ansor (GP. Ansor) dan kepala desa Arjasa H. Abuseiri mengadakan kegiatan shalat Jumat bersama di masjid Raudlatul Jannah Karon Arjasa, Jumat, (31/01/2020)

“Tujuan kegiatan ini untuk memotivasi agar warga dusun Karon lebih rajin melaksanakan shalat lima waktu berjema’ah khususnya shalat Jumat,” kata Dwi Arik Budiono selaku pembina Remas masjid Jamik Mizabul Yaqin Arjasa.

“biasanya warga yang melaksanakan shalat jumat di masjid Karon hanya belasan orang saja tidak sampai 40 orang ini realitas yang terjadi di dusun ujung selatan desa Arjasa. Itu yang menjadi motivasi pengurus ranting Ansor, remas masjid Mizabul Yaqin dan kepala desa arjasa untuk mengadakan acara tersebut,” tambah ketua Ansor desa arjasa, Marzuki Alfatih.

Ia menjelaskan, menurut Imam Syafi’i syarat sahnya shalat jumat itu minimal harus di ikuti oleh 40 orang, jika kurang maka tidak sah. Kendat begitu, menurutnya sebagian madzhab Syafi’iyah atau ulama pengikut Imam Syafi’i ada yang membolehkan shalat Jumat dilaksanakan meskipun kurang dari 40 orang. Bahkan Imam Maliki berpendapat, shalat Jumat sah dilaksanakan walaupun jema’ahnya tidak sampai 40 orang.

Setelah shalat Jumat kepala desa Arjasa yang juga sebagai ketua Dewan penesehat ranting Ansor Arjasa didaulat memberikan sambutan. Dalam sambutannya beliau meminta kepada seluruh warga Karon untuk mengajari anak-anak mereka dan para pemuda untuk rajin melaksanakan shalat lima waktu berjamaah di masjid khususnya shalat Jumat.

Di pertengahan sambutan, tiba-tiba salah seorang takmir masjid yang juga tokoh dusun Karon, Ustadz Amma atau warga menyebutnya ke Ning meminta agar masjid di belikan kipas angin, jenset dan saluran air bersih untuk berwudu’. Atas permintaan spontan tersebut, kepala desa Arjasa langsung menyanggupinya.

Di akhir sambutannya H. Busairi mengabarkan bahwa tanggal 10 April 2020 di dusun Karon akan diadakan pengajian akbar bersama Jamiyah Shalawat Syabab, karenanya ia meminta dukungan semua warga Karon untuk mensukseskan pengajian tersebut.

Sementara itu, sebagai ketua ranting Ansor, Marzuki Alfatih berjanji akan mengajak semua ormas kepemudaan, remaja masjid, ranting NU untuk membangun desa Arjasa bersama-sama. Murutnya, kalau para pemuda desa Arjasa kompak dan bersatu tidak ada masalah yang tidak bisa di selesaikan. sehingga desa Arjasa khususnya dusun Karon bisa menjadi dusun yang sejahtera, beriman dan aman. Amin.

Reporter: Marzuki Al Fatih

Editor: Muhammad Hanif

About serambimata

Terus menulis

Posted on 6 Februari 2020, in Sosial and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: