Akhirnya Situbondo Masuk Zona Merah Wabah Covid-19

Dan kemarin, Jumat (27/03) kota kecil kita Situbondo harus menelan pil pahit setelah Pemprov Jatim melalui situs resminya merilis data terbaru bahwa kota santri ini masuk dalam zona merah setelah 2 orang warganya dinyatakan positif terinfeksi virus Corona, ODP 112 dan PDP 5 orang.

Ini alarm berbahaya yang tidak boleh disepelekan oleh warga Situbondo, karena dari 2 orang yang terpapar itu bukan tidak mungkin ada korban Covid-19 lainnya yang disebabkan pernah melakukan kontak langsung, baik keluarganya, orang-orang terdekatnya dan tetangganya. Itu belum termasuk masyarakat yang tidak tahu tentang sakitnya karena memang tidak banyak tahu tentang wabah ini atau tidak pernah memeriksakan kesehatannya.

Karena itu, diperlukan langkah-langkah kongkrit dari pemerintah daerah untuk memastikan ada atau tidak ada penderita lainnya atau minimal berikhtiar untuk memutus mata rantai penularan virus yang dikenal ganas dan cepat itu. Misalnya menelusuri siapa saja yang pernah dekat dengan dua orang yang sudah positif terinfeksi itu, lalu memeriksanya bila perlu membatasi aktifitasnya (karantina), selain upaya-upaya lainnya.

Bagi masyarakat Situbondo sendiri, ini juga menjadi peringatan untuk tidak lagi abai pada himbauan pemerintah untuk menjaga kebersihan, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer setiap saat, tidak keluar rumah untuk sesuatu yang tidak penting, menghindari keramaian dan kerumunan, jaga jarak (sosial distance) dan menjaga kesehatan dengan mangkonsumsi makanan kaya vitamin C dan bergizi serta berjemur untuk mendapatkan vitamin E.

Jangan lupa, selain berdo’a dan memperbanyak dzikir, ada dua hal harus dilakulan menghadapi wabah Covid-19 ini yakni tidak menjadi terinfeksi (not getting infected) dan tidak menginfeksi yang lain (not infecting other).

Semoga wabah ini akan segera berakhir, dan tidak ada lagi korban yang terinfeksi.

About serambimata

Terus menulis

Posted on 28 Maret 2020, in Kesehatan and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: