Pesan KH. Maimoen Zubair Agar Dilimpahkan Rejeki dalam Keluarga

image

Serambimata.com – Pesan-pesan Kyai sepuh yang satu ini selalu menjadi pegangan bagi umat Islam khususnya kalangan Nahdliyin. Tidak hanya bijak dan mengandung makna yang dalam, pesan-pesan KH. Maimun Zubair Sarang begitu menyentuh pada segala aspek kehidupan.

Kali ini, Kyai yang menjadi salah satu rujukan ulama Indonesia dalam bidang fiqh ini menyampaikan pesan kepada santri dan pemuda yang hendak berumah tangga.  Nasihat tersebut sering beliau sampaikan dalam setiap kesempatan.

“Mbesok nek wes omah-omah, ojo lali, angger mlebu omah moco Qulhu ping pisan”. (Besok jika sudah berumah tangga, setiap masuk rumah jangan lupa membaca surat Al Ikhlas walaupun cuma sekali.)

Ternyata nasehat beliau ini bukan sembarang nasihat, karena hal itu telah disabdakan oleh Junjungan Kita, Nabi Besar Muhammad SAW,

عن سهل بن سعد : « جاء رجل إلى النبي صلى الله عليه وسلم وشكا إليه الفقر فقال : إذا دخلت بيتك فسلم إن كان فيه أحد وإن لم يكن فيه أحد فسلم على نفسك ، واقرأ قل هو الله أحد مرة واحدة ففعل الرجل فأدر الله عليه رزقاً حتى أفاض على جيرانه »

Artinya: Sahal bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu berkata: “Seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan mengadukan kefakiran yang menimpanya. Lalu beliau bersabda: “Apabila kamu masuk ke rumahmu, ucapkanlah salam jika ada seseorang di dalamnya. Dan jika tidak ada orang di dalamnya, ucapkan salam untuk dirimu, dan bacalah Qul huwallaahu ahad satu kali.” Lalu laki-laki tersebut melakukannya. Maka Allah melimpah ruahkan rizki orang tersebut sehingga mengalir kepada tetanga-tetangganya.”
( MafatihilGhoib, Surat al-Ikhlash)

KH. Maimun Zubair merupakan seorang alim, faqih sekaligus muharrik (penggerak). Selama ini, selain Kyai Sahal Mahfudh,  Kiai Maimun merupakan rujukan ulama Indonesia, dalam bidang fiqh. Hal ini, karena Kiai Maimun menguasai secara mendalam ilmu fiqh dan ushul fiqh.

Yuuk kita mulai biasakan mengucapkan salam dan membaca surat al Ikhlas setiap kali kita masuk rumah. Semoga Allah menganugerahkan rizki yang melimpah kepada kita dan keluarga kita. Amiin…

About serambimata

Terus menulis

Posted on 14 Desember 2015, in Agama and tagged , , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. Ass. Pesanya sangat bagus sekali, akan tetapi sayang pada kalimat trakhir sepertinya kurang nyambung dgn pesan dr mbah mun (kh maemun z) yaitu baca qulhu bkn fatihah. Matr ksuwun.

    Suka

  2. ” Pesan Keluarga ” dari : KH. MAIMUN ZUBAIR yang bapak tulis di wiki fedia pada alinea terakhir berbunyi : Yuuk kita mulai biasakan mengucapkan salam dan membaca fatihah setiap kali kita masuk rumah. Semoga Allah menganugerahkan rizki yang melimpah kepada kita dan keluarga kita. Amiin… ( YANG INGIN SAYA BETULKAN yaitu kata ” membaca fatihah ” YANG BETUL PESAN : KH. MAIMUN ZUBAIR yaitu membaca surat AL IKHLAS ) mohon tulisan bapak dibetulkan supaya pembaca tidak bingung. Trimakasih atas perhatiannya.

    Suka

  3. Mohon izin share sebagian teksnya

    Suka

Tinggalkan komentar