Iklan

Himbauan MUI Terkait Hari Natal

Ketua MUI KH Ma’ruf Amin di dampingi Ketua Komisi Dakwah MUI, KH. Cholil Nafis


Serambimata.com – Dua hari lagi Umat Kristiani akan merayakan Hari Natal. Diskusi tentang bagaimana seharusnya Umat Islam bersikap sedang ramai di media sosial. Lalu bagaimana pandangan dan himbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI)?. Melalui Ketua Komisi Dakwah Pusat MUI, KH. Cholil Nafis, inilah himbauan yang penting untuk diperhatikan Umat Islam Indonesia dalam menyambut Hari Natal yang akan dirayakan saudara sebangsa dan setanah air pada tanggal 25 Desember mendatang, dikutip dari laman facebook pribadi Cholil Nafis :

Hari Natal 

Sebentar lagi Saudara semanusia dan sebangsa di Tanah Air akan merayakan Perayaan Hari Natal. Kita menikmati hari libur nasional karena menghormati tehadap agama Nasrani yang merayakan Natal. 

Majelis Ulama Indonesia menharamkan Merayakan Natal bersama dan menggunakan atribut natal. Cukup kita menghargai tanpa harus bersama-sama ibadah ke Gereja. Terapi juga jangan mengganggu terhadap kekhusyu’an mereka beribadah. 

Jangan pernah pengusaha memaksakan karyawannya untuk memakai atribut Natal, demikian pula jangan sampai ada gerakan “swiping” terhadap orang yang menggunakan atribut Natal atas dasar keyakinannya. 

Sedangkan mengucapkan selamat Natal masih menjadi perdebatan di masyarakat dan MUI tidak memutuskan hukumnya. Bagi yang tak berkepentingan untuk mengucapkan selamat Hari Natal tentunya tak perlu rame-rame dan publikasi untuk mengucapkan Natal. Namun bagi yang punya orang tua atau saudara bahkan teman dekat yang sangat baik dan berama Nasrani tentunya boleh saja mengucapkan selamat natal. Dengan tetap meyakini bahwa Allah SWT Maha Esa dan tidak membenarkan keyakinan orang lain lain yang inkar kepada Allah SWT. 

Mengucapkan selamat Hari Natal semata-mata hanya toleransi umat beragama bukan mencampuradukkan (pluralisme) agama yang dilebur jadi satu. Sekali lagi jangan meyakini seperti keyakinan mereka dan jangan mengotori aqidahnya sendiri tentang Ke Esaan Allah yang Maha Tunggal.

Iklan

Posted on 23 Desember 2017, in Agama and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: